MODEL RESOLUSI KONFLIK DALAM MENGATASI INTOLERANSI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMA KOTA SINGKAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model teoritk resolusi konflik dalam pembelajaran IPS di SMA
Kota Singkawang. Secara rinci tujuan penelitian ini: 1) mengembangkan perangkat pembelajaran model teoritik resolusi
konflik intoleransi dalam pembelajaran IPS; 2) untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran model
teoritik resolusi konflik intoleransi dalam pembelajaran IPS valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini akan menghasilkan
model yang berupa model teoritik resolusi konflik intoleransi dalam pembelajaran IPS. Target yang akan dicapai melalui
penelitian ini adalah terbitnya sebuah karya ilmiah yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pembaca
melalui publikasi ilmiah dalam jurnal nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D yang dilakukan
selama 1 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model Borg dan Gall dengan tahapan-
tahapan sebagai berikut: Pengumpulan informasi awal, perencanaan awal, pengembangan produk, ujicoba produk awal,
revisi produk, ujicoba lapangan 1, revisi produk, ujicoba lapangan 2, revisi produk, desiminasi dan implementasi. Pada
penelitian ini hanya sampai pada revisi produk dan ujicoba hanya sampai pada ujicoba lapangan 1 karena mengingat
keterbatasan waktu. Model teoitik resolusi konflik intoleransi dapat digunakan di sekolah-sekolah terutama sekolah yang
memiliki siswa yang multi etnis. Dengan penggunaan model ini, diharapan dapat digunakan di sekolah-sekolah terutama
pada tingkat SMA pada pembelajaran IPS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian, D. (2016). Model Toleransi dalam Eksegese
Khotbah Areopagus. Surabaya: Jurnal Studi
Agama-agama. Vol. 6, No. 2: 131-163.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam
Negeri. (2017). Asal Muasal Penelitian
Kemendikbud dan Temuan Sikap Intoleransi di
Sekolah. Di akses pada
http://litbang.kemendagri.go.id.
Badan Pusat Statistik (BPS) Singkawang, 2016.
Borg, W.R & Gall, M.D. (1979). Educational Research: An
introduction. New York & London: Logman.
Dunia, I Nyoman. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran
Resolusi Konflik Terhadap Prestasi Belajar Pkn
Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Bali: Journal
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan
Ganesha. Vol. 7, No. 10: 1-13.
Farid, M. (2016). Dialog dan Toleransi Beragama di Kota
Ambon: Perspektif Bekas Pejuang Muslim Ambon.
Malaysia: International Journal of Islamic Thought.
Vol. 9 (2016): 44-50.
Haryanto, J. (2012. Interaksi dan Harmoni Umat Beragama.
Vol.2, No. 1 (Mei 2012).
Ismail, Faisal. (2014). Dinamika Kerukunan antar Umat
Beragama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lasmawan, W. (2012). Pengembangan Model Jurisprudensi
Sosial dalam Pembelajaran PPKn di SMU Negeri 1
Bangli. (laporan penelitian) Tidak Diterbitkan.
Singaraja: Lemlit IKIP Negeri Singaraja.
Masykuri, A. (2011). Pluralisme Agama dan Kerukunan
Dalam Keagamaan. Jakarta: Penerbit Kompas.
Na’im, A., Syaputra, H. (2017). Kewarganegaraan, Suku
Bangsa, Agama dan Bahasa Sehari-hari Penduduk
Indonesia (Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2011),
https://www.bps.go.id/pdf (diakses pada 12 Januari
.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality.
Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K;
Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design
Approaches and Tools in Education and Training.
London: Kluwer Academic Publisher.
Pahlevi, A. (2016). Setelah Bom Gereja, Wihara di
Singkawang Dilempari Molotov. Tempo. 14
November 2016. Tersedia: https://m.tempo.com.
Patterns of Collective Violence in Indonesia (1990-2003).
United Nations Support Facility for
Indonesian Recovery (UNSFIR).
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Afabeta.
Suharsimi, Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Bina Aksara.
Sukardjo. (2008). Buku Pegangan Kuliah: Evaluasi
Pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana
Universitas Negeri Yogyakarta.
Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
Tholkhah, Imam. (2013). Potensi Intoleransi Keagamaan
Ssiswa Sekolah Di Jawa dan Sulawesi. Jakarta:
Puslitbang dan Diklat Kementerian Agama
Republik Indonesia.
Tillman, Diane. (2004). Pendidikan Nilai Untuk Kaum Muda
Dewasa (Terjemahan Risa Pratono). Jakarta:
Grasindo.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.