MODEL RESOLUSI KONFLIK DALAM MENGATASI INTOLERANSI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMA KOTA SINGKAWANG

Dina Anika Marhayani, Wasis Suprapto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model teoritk resolusi konflik dalam pembelajaran IPS di SMA
Kota Singkawang. Secara rinci tujuan penelitian ini: 1) mengembangkan perangkat pembelajaran model teoritik resolusi
konflik intoleransi dalam pembelajaran IPS; 2) untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran model
teoritik resolusi konflik intoleransi dalam pembelajaran IPS valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini akan menghasilkan
model yang berupa model teoritik resolusi konflik intoleransi dalam pembelajaran IPS. Target yang akan dicapai melalui
penelitian ini adalah terbitnya sebuah karya ilmiah yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pembaca
melalui publikasi ilmiah dalam jurnal nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D yang dilakukan
selama 1 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model Borg dan Gall dengan tahapan-
tahapan sebagai berikut: Pengumpulan informasi awal, perencanaan awal, pengembangan produk, ujicoba produk awal,
revisi produk, ujicoba lapangan 1, revisi produk, ujicoba lapangan 2, revisi produk, desiminasi dan implementasi. Pada
penelitian ini hanya sampai pada revisi produk dan ujicoba hanya sampai pada ujicoba lapangan 1 karena mengingat
keterbatasan waktu. Model teoitik resolusi konflik intoleransi dapat digunakan di sekolah-sekolah terutama sekolah yang
memiliki siswa yang multi etnis. Dengan penggunaan model ini, diharapan dapat digunakan di sekolah-sekolah terutama
pada tingkat SMA pada pembelajaran IPS


Keywords


Model Resolusi Konflik, Intoleransi, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Alfian, D. (2016). Model Toleransi dalam Eksegese

Khotbah Areopagus. Surabaya: Jurnal Studi

Agama-agama. Vol. 6, No. 2: 131-163.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam

Negeri. (2017). Asal Muasal Penelitian

Kemendikbud dan Temuan Sikap Intoleransi di

Sekolah. Di akses pada

http://litbang.kemendagri.go.id.

Badan Pusat Statistik (BPS) Singkawang, 2016.

Borg, W.R & Gall, M.D. (1979). Educational Research: An

introduction. New York & London: Logman.

Dunia, I Nyoman. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran

Resolusi Konflik Terhadap Prestasi Belajar Pkn

Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Bali: Journal

Program Pascasarjana Universitas Pendidikan

Ganesha. Vol. 7, No. 10: 1-13.

Farid, M. (2016). Dialog dan Toleransi Beragama di Kota

Ambon: Perspektif Bekas Pejuang Muslim Ambon.

Malaysia: International Journal of Islamic Thought.

Vol. 9 (2016): 44-50.

Haryanto, J. (2012. Interaksi dan Harmoni Umat Beragama.

Vol.2, No. 1 (Mei 2012).

Ismail, Faisal. (2014). Dinamika Kerukunan antar Umat

Beragama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lasmawan, W. (2012). Pengembangan Model Jurisprudensi

Sosial dalam Pembelajaran PPKn di SMU Negeri 1

Bangli. (laporan penelitian) Tidak Diterbitkan.

Singaraja: Lemlit IKIP Negeri Singaraja.

Masykuri, A. (2011). Pluralisme Agama dan Kerukunan

Dalam Keagamaan. Jakarta: Penerbit Kompas.

Na’im, A., Syaputra, H. (2017). Kewarganegaraan, Suku

Bangsa, Agama dan Bahasa Sehari-hari Penduduk

Indonesia (Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2011),

https://www.bps.go.id/pdf (diakses pada 12 Januari

.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality.

Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K;

Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design

Approaches and Tools in Education and Training.

London: Kluwer Academic Publisher.

Pahlevi, A. (2016). Setelah Bom Gereja, Wihara di

Singkawang Dilempari Molotov. Tempo. 14

November 2016. Tersedia: https://m.tempo.com.

Patterns of Collective Violence in Indonesia (1990-2003).

United Nations Support Facility for

Indonesian Recovery (UNSFIR).

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Bina Aksara.

Sukardjo. (2008). Buku Pegangan Kuliah: Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana

Universitas Negeri Yogyakarta.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta:

Penerbit Ombak.

Tholkhah, Imam. (2013). Potensi Intoleransi Keagamaan

Ssiswa Sekolah Di Jawa dan Sulawesi. Jakarta:

Puslitbang dan Diklat Kementerian Agama

Republik Indonesia.

Tillman, Diane. (2004). Pendidikan Nilai Untuk Kaum Muda

Dewasa (Terjemahan Risa Pratono). Jakarta:

Grasindo.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT

Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.