IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allimah, C. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada pelajaran IPS Kelas VIIIA SMP Negeri 9 Kota Mojokerto. Nuris Journal of Education and Islamic Studies. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i2.30
Altshuler, S. J., & Bosch, L. A. (2003). Problem-Based Learning in Social Work Education. Journal of Teaching in Social Work, 23(1–2), 201–215. https://doi.org/10.1300/J067v23n01_13
Ariana, I. G. G. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Pasca Pandemi dengan Model Pembelajaran CLIS pada Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44302
Khotimah, N. K., Ashar, M. U., & Nurhidayah, N. (2021). Penerapan Metode Diskusi Berbasis E-Learning dengan Penggunaan Aplikasi Edmodo, Zoom Cloud Meeting dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Materi Sistem Pencernaan pada Program Studi Keperawatan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.31
Kumar, M., & Kogut, G. (2016). Students ’ perceptions of problem ‐ based learning. Teacher Development, 4530(January). https://doi.org/10.1080/13664530600587295
Latief, A. (2023). Peranan pentingnya lingkungan belajar bagi anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 61–66.
Muazinzah, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Melalui Teknik Kalimat Mengalir Dengan Media Gambar. Lingua.
Muhammad Jubair. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nasution, S. P., Saputra, E., Maharani, L., & Ayu Putri, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbasis Concept Attainment Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Ta’dib. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i1.24
Nasution, S. P., Saputra, E., Maharani, L., & Putri, R. A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBASIS CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Ta’dib. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i1.16
P, S. K., & Nurmairina, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV UPT SD Negeri 066667 Medan Denai. Indonesian Research Journal On Education. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.295
Purnomo, A., & Suprayitno. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps ( Think Pair Share ) Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Rachman, A. B. R., & Nuriadin, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i2.522
Salong, A. (2023). The influence of script-type cooperative learning model on student learning activities. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v10i1.53047
Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk …. Jurnal Pemikiran Dan ….
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v9i3.6257
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.