IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI INDONESIA: SEBUAH SYSTEMATIC REVIEW
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
adiyansah, R., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Dalam Mengatasi Hambatan Kurikulum Merdeka: Literature Review. JIMU:Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(01), 10–16. https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/view/325
Aini, F. N., & Anwar, K. (2023). IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA ASPEK PENILAIAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP N 1 KEJAJAR WONOSOBO. Journal of Indonesian Social Studies Education, 1(2), 180–187. http://journal.unnes.ac.id/sju/JISSE/article/view/78941
Basri, W., & Rahmi, T. S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.24036/8851412712023733
Fadilah, R., Susanti, R. A., & Handani, S. S. (2023). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 BALEENDAH. RESOURCE | Research of Social Education, 3(2), 26–35. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/resource/article/view/1362
Fahira, W. R., lisa, fika mel, dani, putri rahma, ria, noki sat, & wati, merika setia. (2022). PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMA 1 BUKIT SUNDI. JURNAL EDUSCIENCE, 9(3), 902–909. https://doi.org/10.36987/JES.V9I3.3484
Fathimah, S., Sidik, S., & Rahman, R. (2024a). Penguatan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Tantangan Kurikulum Merdeka: Studi Kasus pada Pembelajaran IPS: Sosiologi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(1), 278–293. https://doi.org/10.33024/JKPM.V7I1.12770
Fathimah, S., Sidik, S., & Rahman, R. (2024b). Penguatan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Tantangan Kurikulum Merdeka: Studi Kasus pada Pembelajaran IPS: Sosiologi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(1), 278–293. https://doi.org/10.33024/JKPM.V7I1.12770
Fidyaningsih, A., Arifin, J., & Syamsuriyanti. (2024). ADAPTASI BUDAYA BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPS. Sindoro: Cendikia Pendidikan , 3(7).
Hibatullah, A. N., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 158 JAKARTA. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(10), 19–29. https://doi.org/10.9644/SINDORO.V3I10.2633
Husnah, A., Fitriani, A., Patricya, F., Modesta, Handayani, T. P., & Marini, A. (2023). ANALISIS MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora , 3(1), 57–64. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/6749
Hutabarat, C. A. O., & Erdo, D. F. (2023). Pembelajaran IPS Kurikulum Merdeka SMP-SMA. SINAU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 41–45. https://instructionaljournal.com/index.php/sinau/article/view/30
Khotimah, K., Prasetya, S. P., Harianto, S., & Segara, N. B. (2024). Pelatihan Penyusunan Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal untuk Mendukung Kurikulum Merdeka Bagi Guru IPS Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 3164–3170. https://doi.org/10.59837/JPMBA.V1I11.674
Luthfia, A. N., & S, S. (2023). Relevansi Pembelajaran Berbasis Buku Teks IPS dalam Konteks Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP 236 Jakarta. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 63–67. https://doi.org/10.5281/ZENODO.10071446
Luthfia, A. N., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Analisis Hambatan dan Kompleksitas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Proses Pembelajaran IPS di SMP 11 Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(1), 22–27. https://doi.org/10.38035/JPSN.V2I1.139
Maryam Suci Hawati, D., Nur Anisa, S., Rustini, T., & Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Kesiapan Guru pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Awal terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5389–5394. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V7I2.7043
Nafisah1, S., & Rasyid2, H. (2023a). ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM K 13 KE MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS. NUR ILAHI. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 8–14. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jipsos/article/view/2744
Nafisah1, S., & Rasyid2, H. (2023b). ANALISIS PERALIHAN KURIKULUM K 13 KE MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS. NUR ILAHI. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 8–14. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jipsos/article/view/2744
Natasya, N., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). HAMBATAN DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP 11 MUHAMMADIYAH. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(10), 1–9. https://doi.org/10.9644/SINDORO.V3I10.2619
Noviana, H. Y., Armi, D., Putri, E., Kunci, K., Assessment, :, Merdeka, K., Sosial, J., & Ekonomi, I. (2023a). Analisis Pelaksanaan Assessment dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Solok. JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 8(01), 9–19. https://doi.org/10.36665/JUSIE.V8I01.846
Noviana, H. Y., Armi, D., Putri, E., Kunci, K., Assessment, :, Merdeka, K., Sosial, J., & Ekonomi, I. (2023b). Analisis Pelaksanaan Assessment dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Solok. JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 8(01), 9–19. https://doi.org/10.36665/JUSIE.V8I01.846
Nurdiana Sari, W., Faizin, A., Muria Kudus, U., & Hidayatul Mubtadiin, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954–960. https://doi.org/10.56799/JIM.V2I3.1250
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023a). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 24–35. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7594483
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023b). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 24–35. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7594483
Purba, P. P. N., Noviyanti, S., Chan, F., & Rumapea, V. S. D. (2024). Implementasi Pembelajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka di Pendidikan Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 5633–5642. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V4I3.11043
Ramadhani, D., Ramadhan, M. A. A. R., Pratama, A., Saputra, Y., & Maulana, H. (2023). KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD/MI. Journal Development and Research in Education , 3(2), 74–81. https://ejournal.khairulazzam.org/index.php/journey/article/view/75
Ramadhani, F. D., Adisel, A., & Salamah, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran IPS. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.31539/IJOCE.V4I1.10776
Ramdhani, A. A., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Strategi Pembelajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 28 Jakarta. Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(2).
Sanra, R., Adisel, A., Merdiansyah, M., Gusliana, R. M., Azzarah, A. K., & Ilahi, D. R. N. (2022). Strategi Pembelajaran IPS dalam Konteks Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan Konsep Merdeka Belajar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 165–171. https://doi.org/10.31539/JOEAI.V5I1.3413
Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). ANALISIS KRITIS MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. WIDYAGUNA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., Sultan, H., & Manado, U. N. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/HARMONY.V7I2.62114
Sulpakar, A., Yahya, Muh., & Elpisah. (2023a). IMPLEMETASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 20–34. https://iyb.ac.id/jurnal/index.php/jgp/article/view/342
Sulpakar, A., Yahya, Muh., & Elpisah. (2023b). IMPLEMETASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA. Journal Governance and Politics (JGP), 3(2), 20–34. https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/342
Turnip, D. N., Sulistyosari, Y., & Lobja, E. (2023). NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 307–312. https://doi.org/10.31764/PENDEKAR.V6I4.20067
Utari, R., Dewi, I., Negeri, I., Tulungagung, A. R., & Hendriani, D. (2024). Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Kademangan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 125–132. https://doi.org/10.55606/JUBPI.V2I2.2935
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v9i3.5869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.