ANALISIS KARAKTER DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 90 SINGKAWANG

Riski Ayu, Dina Anika Marhayani, Kamaruddin Kamaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakter disiplin siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 90 Singkawang 2) Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi karakter disiplin siswa kelas IV SD Negeri 90 Singkawang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 42 orang siswa kelas IV SD Negeri 90 Singkawang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket nilai karakter disiplin siswa, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Karakter disiplin siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 90 Singkawang berada pada kategori sedang, dengan masing-masing kategori karakter disiplin siswa yaitu terdapat 81,25 rata-rata skor siswa karakter disiplin tinggi berjumlah 15 siswa, 58 rata-rata skor karakter disiplin sedang berjumlah 21 siswa, dan 30 rata-rata skor karakter disiplin rendah berjumlah 6 siswa. Dari hasil persentase perindikator terdapat 83,75% ketercapaian indikator karakter disiplin siswa teringgi pada indikator datang dan masuk kelas pada waktunya, sementara 73,5%  indikator karakter disiplin siswa terendah adalah pada indikator menaati peraturan kelas. 2) Faktor yang mempengaruhi karakter disiplin siswa kelas IV SD Negeri 90 Singkawang yaitu faktor internal kesadaran diri dan faktor eksternal hukuman.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. dkk. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Penerbit Gava Media.

Dwi, A. (2021). Strategi Guru Kelas Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Kelas III Di SDN 99 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Fandini, P. dkk. (2018). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa di SMA PGRI 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Mahasiswa. BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 13-20.

Lukitoaji, B. & Dewi, M.(2020). Analisis Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Budaya Hidup Sehat Di SD Kalipucang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 10-19.

Mahmud, M. dkk. (2017). Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di MTs Alkhairaat Kalukubula, 11.

Mardikarini, S. & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan kedisiplinan siswa melalui penetapan indikator perilaku disiplin siswa kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30-37.

Muchlas & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Penerbit: Nusamedia

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Penerbit: Ghalia Indonesia.

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 90-100.

Siska, Y. dkk. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 1-11.

Undang-undang Republik Indonesia Pasal 3 Bab 2 nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v9i1.5757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.