IMPLEMENTASI NILAI NASIONALISME PERJUANGAN BRIGJEND HASSAN BASRY DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII DI SMAN 2 BANJARMASIN

Ahmad Nurdin Al Rifani, Syaharuddin Syaharuddin, Dewicca Fatma Nadilla

Abstract


Proses perjuangan rakyat Kalimantan Selatan tidak luput dari peran penting tokoh yang bernama Hassan Basry, berpuncak pada saat Brigjen Hassan Basry membacakan proklamasi yang saat ini dikenal dengan Proklamasi 17 Mei. Era sekarang anak muda Kalimantan selatan banyak yang tidak mengetahui tokoh–tokoh nasional terutama di daerah Kalimantan Selatan tokoh Brigadir Jendral Hassan Basry. Tujuan penelitian mendeskripsikan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) evaluasi pembelajaran dari nilai nasionalisme perjuangan Brigjend Hassan Basry dalam pembelajaran Sejarah di kelas XII SMAN 2 Banjarmasin. Metode dalam penelitian metode deskriptif kualitatif Data dikumpulkan dari observasi dan wawancara mendalam. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perencanaan dimulai dengan pembuatan RPP dalam persiapan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kompetensi dasar. Pelaksanaan nilai nasionalisme Brigjend Hasan basri terealisasi sesuai dengan dengan model discovery learning terdiri dari pemberian rangsangan, pengolahan data, serta pembuktian. Evaluasi pelaksanaan implementasi berbentuk essay, yang memungkinkan untuk menguji hasil pemahaman peserta didik terhadap materi yang sudah dipelajari.  Dapat disimpulkan  implementasi nilai nasionalisme perjuangan Brigjend Hassan Basri di SMAN 2 Kota Banjarmasin berjalan cukup baik meskipun terdapat permasalahan yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan dalam pembelajaran.


Keywords


Nilai Nasionalisme, Brigjend Hassan Basry, Pembelajaran Sejarah

References


Anggraeni, S. A., & Nurazizah, S. (2024). Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5548-5562.

Ahmad, A., & Jinggan, N. (2017). Pengaruh kompetensi kemahiran guru dalam pengajaran terhadap pencapaian akademik pelajar dalam mata pelajaran Sejarah. JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 3(2), 1-11

Amar, S., & Rahmawati, B. F. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sejarah.

Fitri, M. (2024, March). Peristiwa Proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS" Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0" Diselenggarakan Oleh Universitas PGRI Palembang (Vol. 1, No. Maret).

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.

Hidayatullah, A., & Winarso, H. P. (2019). Internalization Struggle Values Brigadier General Haji Hassan Basry Against Activities In Schools. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 51-65.

Handy, M. R. N., Sari, D. N., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., & Putro, H. P. N. (2022). Penguatan nilai nasionalisme dalam sejarah perjuangan alri divisi iv kalimantan selatan sebagai sumber belajar ips. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 8(1), 37-46.

Miles, M. B., dan Huberman A. M. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia. UI- Press.

Maulidan, A. C., & Darmawan, W. (2024). Implikasi Multikulturalisme dalam Pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Persatuan Indonesia. Jurnal Artefak, 11(1), 49-64.

Nikmah, I. N., & Atmaja, H. T. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Ketokohan Soekarno dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Kesatrian 1 Semarang. Historia Pedagogia, 12(1), 24-33.

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan media evaluasi pembelajaran sejarah berbasis google formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1).

Prawitasari, M., Nuraida, L., & Mansyur, M. (2021). Peran Masyarakat Dusun Batantangan Pada Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(2).

Rokhmawati, Diyah Mahmawati, and Kurnia Devi Yuswandari. "Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik)." Joedu: Journal of Basic Education2.1 (2023): 1.

Syaharuddin, S. (2019). Nilai-Nilai Nasionalisme Perjuangan Hassan Basry Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif: untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan k o n s t r u k t i f . Alfabeta.

Sabrina, N. S., & Sya, M. F. (2024). Konsep Perencanaan Pembelajaran dan Model Pengembangan Perangkat Desain Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(4), 5203-5211.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v9i2.5660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.