Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia
Abstract
Konsep pendidikan IPS di Indonesia secara historis epistemologis terasa sangat sukar karena dua alasan yaitu di
Indonesia belum ada lembaga profesional bidang IPS sekuat pengaruh NCSS atau SSEC dan pembelajaran IPS sangat
tergantung pada pemikiran individual atau kelompok pakar. Pembelajaran IPS yang bermakna diperlukan agar siswa
dapat berkomunikasi dengan terampil. Selain itu , mengajar dengan diskusi memungkinkan siswa untuk mengembangkan
pemahaman tentang isu tertentu, meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan untuk meningkatkan keterampilan
interpersonal. Pentingnya diskusi dalam pelajaran IPS mempertahankan argumen yang meliputi fakta dan konsep yang
mendukung gagasan bahwa siswa yang mengalami keterlibatan pada kegiatan, interaksi kelompok kecil dan pembelajaran
kooperatif lebih sukses dalam pembelajaran IPS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alazzi, K. (2004). Students’ perceptions of social studies: a
study of middle school and high school students in
jordan. International Journal Of Scholarly Acadmic
Intellectual Diversity, Volume 6.
Alazzi, K. (2011). Teachers Perceptions and Conceptions of
Global Education: A Study of Jordanian Secondary
Social Studies Teachers. Global Education Journal,
September(3), 78–94. Retrieved from
http://web.a.ebscohost.com/abstract?direct=true&profi
le=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=215236
&AN=73151107&h=JksEKIL53Y6cDkudWpU0d5
Yd0wMkZ3tbJu1iE3tj%2Bm%2BMnyzLOlt4i%2BD
HKUEUgsyjrhvF%2FrB9U7JnAavm94jg%2Fw%3D
%3D&crl=c&resultNs=AdminWebAuth&result
Deddy wahyudi. (2011). O l e h : D e d d y W a h y u d i
ABSTRAK Hasil belajar peserta didik berdasarkan
dimensi Pembelajaran IPS terdiri dari knowledge ,
skills , behavior dan action , kenyataannya ,
pembelajaran IPS di Indonesia pada umumnya dan di
Kabupaten Bangkalan pada kh. Jornal Pendidikan, (1),
–45.
Enok Maryani, H. S. (2009). Pengembangan Program
Pembelajaran Ips Keterampilan Sosial. Jurnal
Penelitian Vol., 9 Nomor 1(1), 1–111.
Setyowati, R., Mulyani, E., Yogyakarta, U. N., Setyowati,
R., Mulyani, E., & Yogyakarta, U. N. (2016). Harmoni
Sosial : Jurnal Pendidikan IPS Volume 3 , No 1 ,
Maret 2016 ( 74-81 ) Online :
http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi
EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC
DENGAN PBL DAN PROBLEM SOLVING THE
EFFECTIVENESS OF SCIENTIFIC APPROACH
WITH PBL AND PROBLEM , 3(1), 74–81.
Somantri, M, N. (2001). Menggagas Pembaharuan
Pendidikan IPS. Bandung: UPI.
W.Warni. (2013). Journal of Educational Social Studies,
(2). Retrieved from
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/vie
w/1300
Zamroni. (n.d.). Rekonstruksi konsep IPS di Indonesia.
Retrieved January 29, 2014, from
http://www.uny.ac.id/berita/rekonstruksi-konsep-ipsdi-indonesia.html.
Zamroni. (2008). Teaching social studies. Yogyakarta:
UNY.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.