Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia

Rini Setyowati, Wira Fimansyah

Abstract


Konsep pendidikan IPS di Indonesia secara historis epistemologis terasa sangat sukar karena dua alasan yaitu di
Indonesia belum ada lembaga profesional bidang IPS sekuat pengaruh NCSS atau SSEC dan pembelajaran IPS sangat
tergantung pada pemikiran individual atau kelompok pakar. Pembelajaran IPS yang bermakna diperlukan agar siswa
dapat berkomunikasi dengan terampil. Selain itu , mengajar dengan diskusi memungkinkan siswa untuk mengembangkan
pemahaman tentang isu tertentu, meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan untuk meningkatkan keterampilan
interpersonal. Pentingnya diskusi dalam pelajaran IPS mempertahankan argumen yang meliputi fakta dan konsep yang
mendukung gagasan bahwa siswa yang mengalami keterlibatan pada kegiatan, interaksi kelompok kecil dan pembelajaran
kooperatif lebih sukses dalam pembelajaran IPS


Keywords


Pembelajaran IPS Bermakna, Keterampilan Berfikir Kritis, Keterampilan Interpersonal

Full Text:

PDF

References


Alazzi, K. (2004). Students’ perceptions of social studies: a

study of middle school and high school students in

jordan. International Journal Of Scholarly Acadmic

Intellectual Diversity, Volume 6.

Alazzi, K. (2011). Teachers Perceptions and Conceptions of

Global Education: A Study of Jordanian Secondary

Social Studies Teachers. Global Education Journal,

September(3), 78–94. Retrieved from

http://web.a.ebscohost.com/abstract?direct=true&profi

le=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=215236

&AN=73151107&h=JksEKIL53Y6cDkudWpU0d5

Yd0wMkZ3tbJu1iE3tj%2Bm%2BMnyzLOlt4i%2BD

HKUEUgsyjrhvF%2FrB9U7JnAavm94jg%2Fw%3D

%3D&crl=c&resultNs=AdminWebAuth&result

Deddy wahyudi. (2011). O l e h : D e d d y W a h y u d i

ABSTRAK Hasil belajar peserta didik berdasarkan

dimensi Pembelajaran IPS terdiri dari knowledge ,

skills , behavior dan action , kenyataannya ,

pembelajaran IPS di Indonesia pada umumnya dan di

Kabupaten Bangkalan pada kh. Jornal Pendidikan, (1),

–45.

Enok Maryani, H. S. (2009). Pengembangan Program

Pembelajaran Ips Keterampilan Sosial. Jurnal

Penelitian Vol., 9 Nomor 1(1), 1–111.

Setyowati, R., Mulyani, E., Yogyakarta, U. N., Setyowati,

R., Mulyani, E., & Yogyakarta, U. N. (2016). Harmoni

Sosial : Jurnal Pendidikan IPS Volume 3 , No 1 ,

Maret 2016 ( 74-81 ) Online :

http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi

EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC

DENGAN PBL DAN PROBLEM SOLVING THE

EFFECTIVENESS OF SCIENTIFIC APPROACH

WITH PBL AND PROBLEM , 3(1), 74–81.

Somantri, M, N. (2001). Menggagas Pembaharuan

Pendidikan IPS. Bandung: UPI.

W.Warni. (2013). Journal of Educational Social Studies,

(2). Retrieved from

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/vie

w/1300

Zamroni. (n.d.). Rekonstruksi konsep IPS di Indonesia.

Retrieved January 29, 2014, from

http://www.uny.ac.id/berita/rekonstruksi-konsep-ipsdi-indonesia.html.

Zamroni. (2008). Teaching social studies. Yogyakarta:

UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.