MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LIVEWORKSHEETS DENGAN PENDEKATAN CASE BASED LEARNING: PRELIMINARY STUDY
Abstract
Kreativitas, kolaboratif, berfikir kritis dan komunikatif merupakan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki setiap mahasiswa dalam menghadapi berbagai tantangan global. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang berkualitas dan mendukung kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Salah satunya dengan memanfaatkan media interaktif yang dapat memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa dan menyajikan informasi pembelajaran yang aktual dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kebutuhan mahasiswa akan pengembangan media interaktif yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada 71 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya yang mengikuti mata kuliah Teori Ekonomi Mikro di semester ganjil tahun 2023. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa penggunaan media interaktif dalam perkuliah masih belum banyak dilakukan, sehingga mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak dalam pembelajaran. Mahasiswa membutuhkan media interaktif yang memiliki kemudahan dalam akses dan penggunaannya salah satunya dengan memanfaatkan liveworksheets. Selanjutnya, media yang dibutuhkan harus mampu menumbuhkan kemampuan dalam membangun pengetahuannya melalui aktivitas pembelajaran berbasis kasus (case based learning) yang memberikan pengalaman pembelajaran kontekstual. Dengan demikian, studi pendahuluan ini dapat dijadikan pijakan bagi peneliti dalam mengembangkan media interaktif liveworksheets dengan pendekatan case based learning untuk mendukung aktivitas pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306–316. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i3.1361
Fatmasari, E. D., & Cholily, Y. M. (2023). PEMANFAATAN LIVE WORKSHEET EDUCATION SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PARTISIPASI KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1182–1198.
Fh, Y., Pratita, D., Suprida, W. R., & Wahyuni, S. (2022). Potensi dan Pemanfaatan Software Lectora Inspire Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Interaktif ( Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya ). Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 4–8.
Firmansyah, A., Rahmah, N., Riska, J., Mentu, M., Studi, P., Sekolah, P., Keguruan, F., & Smith, S. (2019). Social Media Case-Based Learning to Build Peace-Loving Character in Students PGSD Study Program. Jurnal Dikdas, 10, 17–26.
Habsari, N. T., & Riyani, M. (2020). Pengembangan Model Blended Menggunakan Schoology Dengan Pendekatan Project Based Learning Pada Pembelajaran Media Dan Bahan Ajar Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 45–49. http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/13
Hendrik, M., Laitabun, B., & Saingo, Y. A. (2023). Nilai Pancasila sebagai Standar Berperilaku di Era Disrupsi Digitalisasi. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 12–22.
Hidayat, K., Sapriya, Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Hybrid Karyadi. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517–1528.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Khikmiyah, F. (2020). Implementasi Web Live. Pedagogy, 6(1), 1–12.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Purba, R., Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheets Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 336–348.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rosafina, M., & Ningrum, N. C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Liveworksheets dan Wordwall Terhadap Peningkatan Pembelajaran IPS pada Siswa SD Kelas VI UPTD SD N 02 Ciseureuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2731–2740.
Sudarman, Wicaksono Sudarman, S., & Vahlia, I. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbantu Liveworksheet Pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 7(1), 75.
Sundari, S., Suparman, S., Mas’ud, A., Hasan, S., Nurhasanah, N., Papuangan, N., Taher, D. M., & Yusuf, Y. (2023). Case method to increase student participation and problem-solving skills in biochemistry subject lesson study integrated at Khairun University. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(1), 42. https://doi.org/10.20527/bino.v5i1.14747
Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1397–1401. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3127
Telaumbanua, T. (2019). Kaum Milenial & Kebudayaan Nias: Di Persimpangan Jalan. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.19
Tersta, F., Sholiha, A., & Daud, S. M. (2021). Startegi Pendidik dalam Mempromosikan Critical thinking Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Case Method pada Mata Kuliah Qiroah Pendidikan Bahasa Arab. Journal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10314–10318.
Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392
Wibisono, B. (2020). Perilaku Berbahasa Masyarakat Pada Era Disrupsi. UNEJ E-Proceeding, 1(1), 31–41.
Zulfikar, F. (2018). Model Pembelajaran Studi Kasus Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa dan Respon Siswa. Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018, 1–8.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v9i2.5265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.