ANALISIS PERENCANAAN PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS MUHAMMADIYAH BANDUNG

Ibnu Hurri, Disma Disma, Agus Mulyana

Abstract


Pendidikan nilai Religius dalam pembelajaran IPS di MTs Muhammadiyah Kota Bandung direalisasikan dalam pola pembelajaran IPS dengan cara meyeluruh dan dengan memperhatikan eksistensi pembelajaran IPS sebagai ilmu umum serta memperhatikan nilai-nilai religius (keislaman) siswa untuk menciptakan tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran bukan cuma berpusat pada perspektif kognitif saja, akan tetapi pula wajib menekankan cara pengembangan afektif. Studi ini bermaksud untuk mengenali pendidikan nilai religius yang diintegrasikan dalam pembelajaran IPS lewat perancangan yang dilakukan oleh guru. Nilai merupakan suatu yang diidamkan dan sanggup melahirkan aksi pada diri seseorang, memahami nilai dan pendidikan nilai akan sangat berarti sebab kita tetap bersinggungan. Interaksi individu dalam kehidupan sehari-hari bisa menghasilkan suatu aksi yang berhubungan dengan orang lain, baik dalam lingkup yang kecil atau yang lebih besar. Pembelajaran IPS ialah penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta aktifitas dasar individu yang diorganisasikan serta disuguhkan dengan metode objektif dan juga pedagogis maupun intelektual untuk tujuan pembelajaran. Studi ini memakai metode kualitatif dengan rancangan studi kasus, serta metode pengumpulan informasi yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk teknik analisa data memanfaatkan prosedur triangulasi. Hasil yang diperoleh ialah bahwa penggunaan pendidikan nilai bisa memuculkan pemahaman pada siswa mengenai nilai-nilai positif dan menghindarkan dari nilai-nilai negative. Tidak hanya itu, perencanaan pendidikan nilai religius yang berintegrasi dalam kurikulum sekolah beserta berbagai kemungkinan dan alternatif dapat meningkatkan pemahaman pendidikan nilai religius siswa dalam pembelajaran IPS ataupun pada program pendidikan yang ada di MTs Muhammadiyah Kota Bandung.

Keywords


Perencanaan, Pendidikan Nilai Religius, Pembelajaran IPS.

References


Al Muchtar, Suwarma. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Al Muchtar, Suwarma. (2016). Pengembangan Berpikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Alwasilah, A. Chaedar. (2015). Pokoknya Studi Kasus: Pendekatan Kualitiatif. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Azizah, Amirah Al May. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran IPS Pada Kurikulum 2013. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, Vol. 3, No. 1, hal: 23-35, e-ISSN: 2655-6324.

Bermi, Wibawati. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Melalui Penciptaan Suasana Keagamaan di Lingkungan MI Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi. Jurnal Al-Lubab, Vol. 3, No. 2, pp: 39-55. ISSN: 2502-1850. DOI: https://doi.org/10.19120/al-lubab.v3i2.3322.

Capra, Fritjof. (2002). Titik Balik Peradaban. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjad, dkk. (1984). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Djahiri, A.Kosasih. (1999). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: FPS IKIP Bandung.

Fahyuni, E. F., et.all. (2020). Integrating Islamic Values And Science For Millennial Students’ Learning On Using Seamless Mobile Media. JPII 9 (2), pp:231-240. DOI: 10.15294/jpii.v9i2.23209.

Hakam, Kama Abdul. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai (Untuk Modifikasi Perilaku Berkarakter). Bandung: Maulana Media Grafika.

Halimatussa’diyah. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hergenhahn, B.R & Olson, Matthew H. (2010). Theories of Learning. Jakarta: Kencana PRenada Media Group.

Hulbat, Rahmad. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPS di MI Al-Islamiyah Bangkar Kecamatan Muara Uya. MODERNITY Jurnal Pendidikan dan Islam Kontemporer, Vol. 3, No. 1, hal: 35-43, e-ISSN: 2746-2404.

Isbandiyah &Ningsih, Wati. (2020). Analisis Nilai-Nilai Karakter Islam Dalam Pembelajaran IPS di MTs Mazro’illah Lubuklinggau. Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, Vol. 5, N0. 1, pp: 8-13, p-ISSN: 2477-6254, e-ISSN: 2477-8427. DOI: https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i1.1468

Katilmis, A., Eksi, H & Ozturk, C. (2011). Efficiency of Social Studies Integrated Character Education Program. Educational Sciences: Theory & Practice - 11(2) • Spring • 854-859.

Kementerian Agama RI. (1994). Al-Qur’an al-Karim dan Terjemahannya. Semarang: PT. Kumudasmoro Grafindo.

Kertopati, R. Beny Wijanarko. (2015). Pengembangan Pembelajaran Nilai Berbasis Keagamaan Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. (Studi Kasus Pembelajaran Nilai Pendidikan Islam di Pesantren Salafi Maniis Desa Mekarjaya, Kec. Salopa, Kabupaten Tasikmalaya). Disertasi tidak dipublikasikan. Bandung: UPI.

Khozin. (2006). Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia: Rekonstruksi Sejarah untuk Aksi. Malang: UMM-Press.

Madjid, Nurcholish. (2000). Masyarakat Religius Membumikan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Majelis Dikdasmen. (2018). Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah tahun 2018 tentang Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meldina, Tika., et al. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, (S.l.), Vol. 4, No. 1, pp. 15-26, june 2020. ISSN 2580-362X. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Somantri, Nu’man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Program Pascasarjana UPI dengan Remaja Rosdakarya.

Somantri, Nu’man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Program Pascasarjana UPI dengan Remaja Rosdakarya.

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, Vol. 25, No. 1, Februari 2015.

Surahman, Edy & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 4, No. 1, hal: 1-13, p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN: 2460-7916. http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi

Sutomo, Moch. (2022). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS). Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakrya.

UNICEF. (2014). Laporan Tahunan Indonesia 2014. Genewa: PBB.

Wardhani, Rama Wijaya Kesuma., Pasiska., Kamsi, Nurlaila. (2020). Menjaga Kesehatan Mental Dengan Pendekatan Shalat: Analisis Sanad dan Matan Hadis. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 227-250. ISSN 2685-4481. DOI: https://doi.org/10.32332/jbpi.v1i2.1714.

Yusnaldi, Eka. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.4116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.