ANALISIS PERENCANAAN PENDIDIKAN NILAI RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTS MUHAMMADIYAH BANDUNG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Muchtar, Suwarma. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Al Muchtar, Suwarma. (2016). Pengembangan Berpikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Alwasilah, A. Chaedar. (2015). Pokoknya Studi Kasus: Pendekatan Kualitiatif. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.
Azizah, Amirah Al May. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran IPS Pada Kurikulum 2013. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, Vol. 3, No. 1, hal: 23-35, e-ISSN: 2655-6324.
Bermi, Wibawati. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Melalui Penciptaan Suasana Keagamaan di Lingkungan MI Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi. Jurnal Al-Lubab, Vol. 3, No. 2, pp: 39-55. ISSN: 2502-1850. DOI: https://doi.org/10.19120/al-lubab.v3i2.3322.
Capra, Fritjof. (2002). Titik Balik Peradaban. Yogyakarta: Bentang Budaya.
Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjad, dkk. (1984). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Djahiri, A.Kosasih. (1999). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: FPS IKIP Bandung.
Fahyuni, E. F., et.all. (2020). Integrating Islamic Values And Science For Millennial Students’ Learning On Using Seamless Mobile Media. JPII 9 (2), pp:231-240. DOI: 10.15294/jpii.v9i2.23209.
Hakam, Kama Abdul. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai (Untuk Modifikasi Perilaku Berkarakter). Bandung: Maulana Media Grafika.
Halimatussa’diyah. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hergenhahn, B.R & Olson, Matthew H. (2010). Theories of Learning. Jakarta: Kencana PRenada Media Group.
Hulbat, Rahmad. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPS di MI Al-Islamiyah Bangkar Kecamatan Muara Uya. MODERNITY Jurnal Pendidikan dan Islam Kontemporer, Vol. 3, No. 1, hal: 35-43, e-ISSN: 2746-2404.
Isbandiyah &Ningsih, Wati. (2020). Analisis Nilai-Nilai Karakter Islam Dalam Pembelajaran IPS di MTs Mazro’illah Lubuklinggau. Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, Vol. 5, N0. 1, pp: 8-13, p-ISSN: 2477-6254, e-ISSN: 2477-8427. DOI: https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i1.1468
Katilmis, A., Eksi, H & Ozturk, C. (2011). Efficiency of Social Studies Integrated Character Education Program. Educational Sciences: Theory & Practice - 11(2) • Spring • 854-859.
Kementerian Agama RI. (1994). Al-Qur’an al-Karim dan Terjemahannya. Semarang: PT. Kumudasmoro Grafindo.
Kertopati, R. Beny Wijanarko. (2015). Pengembangan Pembelajaran Nilai Berbasis Keagamaan Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. (Studi Kasus Pembelajaran Nilai Pendidikan Islam di Pesantren Salafi Maniis Desa Mekarjaya, Kec. Salopa, Kabupaten Tasikmalaya). Disertasi tidak dipublikasikan. Bandung: UPI.
Khozin. (2006). Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia: Rekonstruksi Sejarah untuk Aksi. Malang: UMM-Press.
Madjid, Nurcholish. (2000). Masyarakat Religius Membumikan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Majelis Dikdasmen. (2018). Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah tahun 2018 tentang Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Yogyakarta: PP Muhammadiyah.
Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Meldina, Tika., et al. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, (S.l.), Vol. 4, No. 1, pp. 15-26, june 2020. ISSN 2580-362X. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Somantri, Nu’man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Program Pascasarjana UPI dengan Remaja Rosdakarya.
Somantri, Nu’man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Program Pascasarjana UPI dengan Remaja Rosdakarya.
Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, Vol. 25, No. 1, Februari 2015.
Surahman, Edy & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 4, No. 1, hal: 1-13, p-ISSN: 2356-1807 e-ISSN: 2460-7916. http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi
Sutomo, Moch. (2022). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS). Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakrya.
UNICEF. (2014). Laporan Tahunan Indonesia 2014. Genewa: PBB.
Wardhani, Rama Wijaya Kesuma., Pasiska., Kamsi, Nurlaila. (2020). Menjaga Kesehatan Mental Dengan Pendekatan Shalat: Analisis Sanad dan Matan Hadis. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 227-250. ISSN 2685-4481. DOI: https://doi.org/10.32332/jbpi.v1i2.1714.
Yusnaldi, Eka. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.4116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.