PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXO OLO TASK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Hari Maicandra Budiman, Nofrion Nofrion

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kualitas aktifitas belajar dan hasil belajar peserta didik Kelas VIII.1 pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis penerapan model pembelajaran Exo Olo Task untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi Interaksi keruangan dalam kehidupan di negara – negara Asean. Metode  penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1. Pengumpulan data dibantu oleh seorang guru IPS lainnya sebagai  observer / kolaborator  melalui kegiatan observasi, tes hasil belajar siswa serta mendokumentasikan proses pembelajaran berlangsung.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ditemukan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik  kelas VIII.1 setelah diterapkan model pembelajaran Exo olo task pada setiap siklusnya, pada siklus I didapat hasil  66,17 % , selanjutnya siklus II  69,59 %  dan siklus III didapat hasil 75,78% %. 2)Ditemukan adanya  peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII.1 setelah diterapkan model pembelajaran Exo Olo Task pada setiap siklusnya, pada siklus I  ketuntasan hasil belajar ( 74,19 %) selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi ( 93,54 % ), dan hasil yang sama diperoleh pada siklus III  sebesar ( 93,54 % ). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Exo Olo task dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara – negara Asean pada mata pelejaran IPS

Keywords


Model Exo Olo Task; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar

References


Arnyana, Ida Bagus Putu. 2019. “PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI 4C(COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING DAN CREATIVE THINKING) UNTUKMENYONGSONG ERA ABAD 21.” Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi (3).

Devin Ardhi Saputra. 2022. “Pengembangan LMS Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan HOTS Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 7(3).

Hughes, A. G., and E. H. Hughes. 2012. Learning & Teaching (Pengantar Psikologi Pembelajaran Modern). Bandung: Penerbit Nuansa.

Imania, Kuntum An Nisa, and Siti Khusnul Bariah. 2019. “Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring.” Jurnal PETIK 5:31–47.

Marhamah, Mustafa, and Melvina. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (Lslc).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 02(3):277–182.

Nofrion, Nofrion. 2018a. “Karakteristik Pembelajaran Geografi Abad 21.” 1–19. doi: 10.31227/osf.io/kwzjv.

Nofrion, Nofrion. 2018b. “Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Exo Olo Task (Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Dalam Pembelajaran).” doi: 10.31227/osf.io/wh2mp.

Nofrion, Syafri Anwar, Azwar Ananda, Yurni Suasti, and Ikhwanul Furqon. 2019. “EXO-OLO Task Learning Model : Improving Learning Activities and Student ’ s Collaboration In Geography Learning Based On Lesson Study EXO-OLO Task Learning Model : Improving Learning Activities a Nd Student ’ s Collaboration In Geography Learning Based On.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. doi: 10.1088/1755-1315/338/1/012044.

Nofrion. 2017. “PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ‘JUMPING TASK’ PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI.” Science of Surverying and Mapping.

Norfin M. Pd. 2013. “Flip Your Class Now;Flipped Classroom Melalui Penerapan Model Pembelajaran Exo Olo Task.” Journal of Chemical Information and Modeling.

Panadero, Ernesto, and Anastasiya A. Lipnevich. 2022. “A Review of Feedback Models and Typologies: Towards an Integrative Model of Feedback Elements.” Educational Research Review 35.

Pri Utomo, Erwin. 2020. “ANALISIS PROFIL GURU GEOGRAFI SEKOLAH MENENGAH ATAS(SMA) DI KABUPATEN DHARMASRAYA.” Jurnal Buana 4(4). doi: https://doi.org/10.24036/student.v4i4.1085.

Pri Utomo, Erwin. 2022. “Analisis Keterampilan Belajar (Learning Skills) Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Berbasis Padlet Pada Mata Pelajaran Geografi.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 7(2).

Syahputra, Edi. 2018. “Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN.

Undang-Undang. 2003. Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran “ Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektig.” Jakarta: Bumi Aksara.

Urwani, Nizar, Murni Ramli, and Joko Ariyanto. 2018. “Analisis Keterampilan Komunikasi Pada Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas.” Analisis Keterampilan Komunikasi Pada Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas 4(2):181–90. doi: 10.21831/jipi.v4i2.21465.

Widjajanti, Djamilah Bondan. 2008. “Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah.” Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika 2008 (5):1–10.

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zubaidah, Siti. 2016. “KETERAMPILAN ABAD KE-21: KETERAMPILAN YANG DIAJARKAN MELALUI PEMBELAJARAN.” in Seminar Nasional Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i2.4082

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.