PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Reni Agistiningsih, Elly Astuti, Farida Styaningrum

Abstract


This study aims to explain the Effect of E-Learning Use on Learning Outcomes with Interest in Learning and Motivation as intervening variables. The background of this research is how students respond to and carry out learning with current conditions, namely the Covid-19 pandemic and Industrial Work Practices which must be carried out simultaneously to continue to support learning achievement. Then the suitability of alternatives that suit these needs by conducting Online learning or Electronic Learning (E-Learning). The subject carried out by the researcher was student X. Data analysis techniques using SmartPLS, with quantitative methods. Questionnaire and documentation data collection techniques with a total sample of 70 students. The study results can be concluded that using E-Learning, interest in learning, and motivation positively affect learning outcomes. Interest in learning has a positive effect on motivation. E-Learning use positively affects learning outcomes through an interest in learning and motivation as variables that can inventory research variables

Keywords


Use of E-Learning, Interest in Learning; Motivation; Learning Outcomes

References


Abadi, G. F. (2015). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning. Tasyri’, 22(i), 127–138.

Ainiyah, Z., & Puspasari, D. (2015). Penggunaan EDMODO Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMKN 1 Surabaya. JPAP : Jurnal Administrasi Perkantoran, 3(3), 1–13.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Chahyowati, I. A. (2020). Pengaruh Kewibawaan dan Kewiyataan Terhadap Hasil Belajar dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Intervening di SMKN 1 Magetan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, 14(2), 363–375.

Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3344

Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 28–35.

Fauziyah, S., & Triyono, M. B. (2020). Pengaruh E-Learning Edmodo Dengan Model Blended Learning Terhadap Minat Belajar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 112–124. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27562

Ghazali, I., & Latan, H. (2021). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi mengunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haditono, S. R. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Psikologi Perkembangan. Gajah Mada University.

Hakim, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa UNIMED. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 408–414. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1299

Hamalik. (2013). Manajemen Belajar. Sinar Baru.

Hanum, F., Slamet, L., & Sriwahyuni, T. (2015). Kontribusi Minat Belajar Dan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara Sumatera Utara. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 3(1). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v3i1.5171

Haryadi, R., & Kansaa, H. N. Al. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73.

Hashim, S. F., Habeeb, A. M., & Ghanim, I. R. (2013). IISTE Journals November Edition Publication Effect of zinc on structural and some optical properties of CdS thin films. Chemistry and Materials Research, 3(12), 68–74. www.iiste.org

Heriyati. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66–79. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Iskandar, I. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.24252/kah.v4i1a2

Jamaliyah, R., & Wulandari, N. F. (2022). Implementasi Video Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Purworejo. Jurnal Equation : Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 41–50.

Kadji, Y. (2012). Tentang Teori Motivasi. Jurnal INOVASI, 9(1), 1–15. http://id.portalgaruda.org/index.php?page=2&ipp=10&ref=search&mod=document&select=title&q=teori+motivasi&button=Search+Document

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Kusyafira, A. I., & Rosiana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa UNISBA. Bandung Conference Series: Psychology Science, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i1.414

Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–130. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/7307

Liubana, A., & Puspasari, D. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan E-Learning dengan Google Classroom dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Brothers and Sisters House Kota Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 417–427. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3599

Luthfiana, N. A., & Hadi, S. P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 37–42. https://doi.org/10.14710/jab.v8i1.23767

Maslow, H. A. (2019). A Theory Of Motivation. General Press.

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil Smk Pgri 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 115–119. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456

Nurfajri, E., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa dengan Minat Belajar sebagai Variabel Intervening. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1612–1622.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pitoyo, A., & Sitawati, R. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Dan Kecerdasan Emosional ( EQ ) Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa AMIK JTC Semarang Angkatan 2012 - 2014). Jurnal INFOKAM, 13(1), 51–60. http://www.amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/120%0Ahttp://www.amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/download/120/108%0Ahttps://lens.org/136-501-529-897-354

Prabasari, B., & Subowo. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549–558. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Pratama, H. F. anas, & Arief, S. (2019). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 6(1), 1. https://doi.org/10.18860/jpips.v6i1.7811

Rista, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi. Research and Development Journal Of Education, 8(1), 148–152.

Rofiah, B. N., & Bahtiar, M. D. (2022). Analisis Penggunaan E-learning , Intensitas Latihan Soal , dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2143–2155.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 346. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736

Setiaji, K., Muktiningsih, S., & Farliana, N. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Diintervening Motivasi Belajar E-learning Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 56. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.16252

Setyaningsih, R., & Atmaja, H. E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tidar di Masa Pandemi Covid-19. JP Manper : Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 191–203. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946

Simanihuk, L., Hasibuan, m. said, Simarmata, J., Acai, S., Ramadhan, R., Safitri, M., Sulaiman, O. K., & Sahir, S. hafar. (2019). E-Learning : Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka cipta.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Tomo, S., & Widada, B. (2015). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus STMIK Sinar Nusantara Surakarta). Jurnal Ilmiah SINUS, 35–44.

Tubagus, M. (2021). Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh. PT Nas Media Indonesia Anggota IKAPI. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Pembelajaran_Terbuka_Jarak_Jauh/LXEyEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pembelajaran+jarak+jauh&printsec=frontcover

Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2020). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Selama Study at Home. JPPMS : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 72. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p72-81

Wulandari, F., Marhayani, D. A., Setyowati, R., Anitra, R., Sulistri, E., & Mursidi, A. (2021). The Effectiveness of Study Online in Higher Education. Education. In 2021 The 6th International Conference on Information and Education Innovations (ICIEI 2021), April 16–18, 2021, Belgrade, Serbia., 41–45. https://doi.org/10.4108/eai.20-6-2020.2300722

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152.

Zulfia, R., & Syofyan, E. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah, Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi di SMK Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.3608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.