UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI INTRINSIK SISWA IPS SEKOLAH DASAR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN DANGER SPIN

Winda Nurbudiyanti, Arsyi Rizqia Amalia, Din Azwar Uswatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran menggunakan media dan peningkatan motivasi intrinsik belajar siswa melalui indikator kebutuhan berprestasi aspek mandiri dan kebutuhan aktualisasi diri aspek inisiatif berbantuan Danger Spin yaitu media berbasis permainan yang melibatkan siswa kelas VI SDN Cibaregbeg Sagaranten Kabupaten Sukabumi yang termasuk kawasan 3T dengan jumlah 22 siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai pendekatan penelitian dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Wawancara, observasi dan penyebaran angket sebagai teknik pengumpulan data yang kemudian dianalisis menggunaan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata motivasi intrinsik siswa pra siklus memperoleh 57,1 kategori cukup, siklus I 66,2 berkategori baik dan siklus II 84,8 masuk kategori sangat baik. Berdasarkan temuan tersebut motivasi intrinsik siswa mulai siklus I hingga siklus II memperoleh peningkatan sebesar 18,6 dengan begitu pembelajaran yang dilakukan berbantuan media Danger Spin dapat meningkatkan motivasi intrisik siswa.


Keywords


Motivasi Intrinsik, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sekolah Dasar

References


Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Pada Pelajaran Matematika kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209–216.

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blanded Learning. Jurnal BASICEDU, 5(4), 2341. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201 ISSN

Djajadi, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) (1st ed.). Yogyakarta: CV. Arti Bumi Intaran.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota. Jurnal JPSD, 4(1), 48. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiiastuti. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 3(4), 117711183. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.522

Hanna. (2020). Fasilitasi Kebutuhan Atas Penghargaan Diri Untuk Mendukung Pembelajaran Kimia Di ERa Society 5.0. Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 1(1), 13–22.

Haq, A. (2018). Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi. Jurnal Vicratina, 3(1), 195.

Hasan, M., Milawati, Darojat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., … Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran (1st ed.). Klaten: Tahta Media Grup.

Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Rahayu, D. P., & Fredy. (2020). Motivasi Tenaga Pengajar di Pedalaman Papua Dalam Mengajar dan Melanjutkan Studi Pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Fenomenologis). Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 58.

Indriastuti, A. N., & Abidin, Z. (2022). Pengaruh Permainan Uno Stacko dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal BASICEDU, 6(1), 326.

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1862 ISSN

Jumriani, Syaharudin, & Hadi, N. T. F. W. (2021). Telaah Literatur: Komponen Kurikulum IPS di Sekolah dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal BASICEDU, 5(4), 2027–2028. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896 DOI

Junianti, M. Y., Hastuti, D., & Alfiasari. (2016). Analisis Sosialisasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Anak Usia Sekolah Pada Keluarga Di Pedesaan. Sekolah Dasar, 25(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977um009v25i12016p001

Lestari, K. I., Dewi, N. K., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Pada Tema Perkembangan Teknologi Untuk Siswa Kelas III Di SDN 8 Sokong. Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219

Ma’rifah, N. N. (2019). Pengaruh Kebutuhan Berprestasi , Locus of Control Internal dan Pengalaman Kewirausahaan Terhadap Sikap Kewirausahaan Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 55–70. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n1.p55-70

Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan Berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 197–208. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216

Ningsih, N. L. P. Y. W., & Suniasih, N. W. (2020). Kesiapan Belajar dan Aktualisasi Diri Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 371.

Nisa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Game Ludo untuk Pembelajaran IPS di Skolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(4), 2564. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1259

Nugroho, P. A., & Puspitasari, Y. D. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri Terbimbing Berkolaborasikan Video Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2), 47. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14549

Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 116.

Nurfadhilah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., & Anggraeni, R. W. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V Di SDN Muncul 1. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 238.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Arabic Education and Literature, 1(1), 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1-16

Ratnaningsih, S. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Pendidikan Guru MI, 5(2), 278. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/ 10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397

Rifky. (2020). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 86. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.95

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 15. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544

Suragala, F. (2021). Psikologi Pendidikan (Implikasi Dalam Pembelajaran) (1st ed.). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 30.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 108.

Tampubolon, B. (2020). Motivasi Belajar Dan Tingkat Belajar Mandiri Dalam Kaitannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 35. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920

Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Muliani, N. M. (2020). Pengembangan Keterampilan Hidup dan Karir Siswa Dalam Rangka Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 174.

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 199.

Wulandari, F. (2018). Pengaruh Media Video Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempabumi Di SMA Negeri 1 Gantiwarno, Klaten. Jurnal (PIPSI) Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2), 18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.712

Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 28. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/attadrib.v3i2.110




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i3.3263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.