ANALISIS KESULITAN GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA MTS HAFIZUL IKHSAN PADA ERA NEW NORMAL

Nuriya Rahma, Muhammad Khoirul Ritonga

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Era New Normal setelah melewati masa pandemi di MTs  Hafizul Ikhsan Aek Paing, Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif  kualitatif  dengan responden penelitan seluruh guru di MTS. Hafizul Ikhsan yang berjumlah 18 guru & Informan kunci penelitian ini adalah kepala sekolah. Instrumen pengumpulan data menggunakan Observasi dan wawancara. Teknis Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang mengacu pada konsep miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara garis besar prosedur penelitian terdiri atas tiga langkah yakni persiapan, pelaksanaan dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar di Era New Normal, kesulitan kesulitan yang dihadapi guru yaitu : (1)Kesulitan dalam tahap perencanaan persiapan pembelajaran, yang meliputi persiapan perangkat mengajar di tahun pelajaran baru terkait RPP, silabus, media dan persiapan bahan ajar bahan ajar. (2) Kesulitan dalam tahap pelaksanaan pembelajaran, yang meliputi motivasi, keaktifan kelas pada saat pembelajaran, dan penyampaian materi. 3) Kesulitan dalam tahap evaluasi pembelajaran, yang meliputi pengamatan terhadap siswa, penilaian sikap, dan penilaian hasil belajar siswa.

Keywords


Kesulitan Guru, Kegiatan Belajar Mengajar, Siswa Mts Hafizul Ikhsan.

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1653809

Dan, K., & Publik, P. (2020). Pada masa pandemi. 37.

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 74–75. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Kuntoro, B. T., Wardani, N. S., Kristen, U., Wacana, S., & Salatiga, K. (2020). 295-Article Text-881-1-10-20200415 (1). 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3752471

Mahdiansyah, M. (2019). EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Enam Kota). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 48–63. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.224

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sulastri, M., & Djumali, M. P. (2019). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengaktifkan Belajar Siswa di SMK Negeri 6 Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/76433

Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 179. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Penggunaan Media. 4(2), 211–221.

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1653809

Dan, K., & Publik, P. (2020). Pada masa pandemi. 37.

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 74–75. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893

Kuntoro, B. T., Wardani, N. S., Kristen, U., Wacana, S., & Salatiga, K. (2020). 295-Article Text-881-1-10-20200415 (1). 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3752471

Mahdiansyah, M. (2019). EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Enam Kota). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 48–63. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.224

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sulastri, M., & Djumali, M. P. (2019). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengaktifkan Belajar Siswa di SMK Negeri 6 Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/76433

Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 179. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Penggunaan Media. 4(2), 211–221.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i2.3094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.