PEMANFATAN SI MACAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERFIKIR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IIS 2 SMAN 1 PURWANTORO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dony Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1)Memberikangambaran pemanfaatan Si Macan untuk meningkatkan kreativitasberfikir peserta didik pada mata pelajaran geografi di kelas X IIS 2 SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017 (2) Mengetahui peningkatan kreativitas berfikir peserta didik pada mata pelajaran geografi  di kelas X IIS 2 SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengambil sampel kelas X IIS 2 pada tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 26 peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan sumberdata primer yang berupa angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1)Pemanfaatan Si Macan dalam meningkatkan kreativitas berfikir peserta didik di kelas X IIS 2 SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017 melalui tiga tahapan yaitu: tahap kondisi awal dilakukan perencanaan dilanjutkan dengan melaksanakan tindakan pada siklus 1 dilakukan refleksi untuk diperbaiki dalam siklus 2. (2) Dengan pemanfaatan Si Macan dapat meningkatkan kreativitas berfikir peserta didik di kelas X IIS 2 SMAN 1 Purwantoro tahun pelajaran 2016/2017 pada indikator Fluency, Flexibility dan Novelty

Keywords


Si macan, Kreativitas, Mata Pelajaran Geografi

Full Text:

PDF

References


Harijanti, Nur Sri. 2007. Peningkatan Partisipasi Dan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Model Assure Di Kelas X D Man Tempursari Mantingan Ngawi . Tesis Magister, tidak dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.

Molenda, M&Heinich, R, JD Russel and Smaldito, S.E. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey : Pearson Education Inc.

Reni Akbar Hawadi, Wihardjo, DS dan Mardi Wiyono. 2001. Kreativitas.Jakarta : Grasindo

Silvia,Fiki dkk.2015.Pengembangan Rubrik Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Attaufiq Jambi. Edu-Sains Volume 4 No. 1, Januari 2015

Silver, Edward A. 1997.Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing.http://www.emis.de/journals/ZDM/zd m973i.html. Volume 29 (June1997) Number Electronic Edition ISSN 1615-679X. Diakses tanggal 17 Januari 2017.

Sumaatmadja, Nursid.1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara

Utami Munandar. 1992. Mengembangkan Bakat

dan Kreativitas Anak Sekolah.Jakarta : Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v1i2.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.