INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SMP PADA MASA PANDEMI COVID – 19

Kondidus Lajim

Abstract


Kajian ini berfokus pada disiplin karakter. Fokus penelitian adalah bagaimana internalisasi karakter disiplin pada siswa SMP Bruder Singkawang di masa pandemi covid-19? Ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data yang telah diperoleh, maka dilakukan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah internalisasi kedisiplinan selama pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan baik. Penerapan pembentukan karakter disiplin dalam pelaksanaan pembelajaran online dipantau dari proses pembelajaran. Pihak sekolah juga mengadakan kunjungan rumah bagi siswa yang tidak aktif selama pembelajaran online. Pembelajaran online saat ini lebih menitikberatkan pada ranah kognitif, kurang memperhatikan ranah afektif, sehingga hasil yang dibebankan oleh sistem pembelajaran online adalah siswa mendapatkan pengetahuan dalam bentuk konsep dan kemudian menerapkannya dalam bentuk psikomotorik. Untuk memperoleh ranah afektif, guru perlu menanamkan karakter yang baik kepada siswanya di setiap mata pelajaran. Internalisasi karakter disiplin dapat dilakukan dengan pembiasaan dalam kehidupan.

 


Keywords


internalization, disciplinary character, the covid-19 pandemic

References


Arsy, M. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik. Pontianak: Yudha English Galeri.

Dharma K, Cepi T, dan Johar P. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdyakarya

Dolet, U. (2003). Manajemen Disiplin. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Furkan, N. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Magnum.

Fitri, A.Z. (2017). Pendidikan Karakter,Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hurlock, B. E. (1978). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Kurniawan, M. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi.

Lester D. C. dan Alice D. C. (1984). Psikologi Pendidikan (terj.). Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dasar Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. (Alih bahasa: Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

_____. (2013). Character Matters: Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. (Alih bahasa: Juma Abdu Wamaungo & Jean Antunes Rudolf Zien). Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.. Pustaka Setia.

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non-dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manaf, A. (2018). Implementasi Kurikulum Pendididkan Karakter, Pendekatan Konfluensi. Yogyakarta: Kalimedia

Megawangi, R. (2007). Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/kebijakan-pendidikan formal-anak-pada-masa-pandemi-covid-19

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.