PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS ETNIK DAYAK

Silipta Silipta, Oong Komar, Achmad Hufad, Jajat S

Abstract


Penelitian ini mengkaji deskripsi pemberdayaan masyarakat berbasis etnik Dayak di Kota Palangka Raya. Berbagai permasalahan melatarbelakangi penelitian ini, seperti masih terjadinya kerusakan hutan atau alam, serta permasalahan ekonomi masyarakat Dayak. Dalam mengkaji permasalahan ini, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan memperkuat observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat berbasis etnik Dayak dapat dilakukan dalam kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan seminar. Adapun ketiga kegiatan tersebut yaitu: penyuluhan sebagai upaya penyadaran akan ancaman bahaya kerusakan lingkungan dan penanggulangannya. Mengingat terdapat desa-desa dengan daerah pedesaan yang berpotensi rawan bencana akibat aktivitas masyarakat melakukan penambangan liar dan penggunaan zat berbahaya pada lahan dan sungai. Kemudian pelatihan. Pelatihan berkaitan dengan usaha mengolah kerupuk berbahan dasar sekitar seperti ikan saluang, bayam dan kalakai berupa usaha rumahan yang mendapatkan pembinaan instansi terkait seperti perindustrian. Pelatihan pemberdayaan masyarakat juga dilakukan dengan menanam sengon dalam program sejuta pohon. Menanam sengon sebagai kayu industri  bagi para petani tidak serta merta membuat mereka bisa. Kegiatan kelompok tani juga meliputi kegiatan bercocok tanam. Kemudian pelatihan bercocok tanam yang dilakukan pada lahan berupa pekarangan rumah, juga bagi sebagian masyarakat yang tidak memiliki lahan pekarangan yang luas. Terakhir ialah seminar. Seminar berupa kegiatan seminar kesehatan: bahaya obat terlarang, kesehatan ibu dan anak, gizi keluarga dan toilet bersih. Anggota kelompok tani juga membutuhkan pengetahuan mereka tentang hal membahayakan dirinya maupun anggota keluarganya.


Keywords


pemberdayaan, masyarakat, etnik, Dayak

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012. Journal PSIKODIMENSIA, 18(1). https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708

Adlika, N. M., Tampubolon, B., Mirzachaerulsyah, E., & Juniarti, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Pada Laboratorium Geografi Berbantuan Media Peta Pemanfaatan Lahan Gambut Di Sma Negeri 3 Pontianak. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(2), 55. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i2.1353

Andrasmoro, D., Nurhakim, I., Mustofa, & Bayuardi, G. (2020). KUALITAS PEMBELAJARAN ETIKA LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(1), 20–25.

Anonim. (2019). Kota Palangka Raya. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Palangka_Raya

Bandura, A. (1999). Principles of Behavior Modification. New York: Rinehart and Winston.

Bandura, A., & Walter, R. (1963). Social learning and personality development. Michigan: Holt, Rinehart and Winston.

Bandura, Albert. (1994). Social Learning Theory. Stanford Calif: Stanford University Press.

Berkat. (2018). ASPEK HUKUM PENGENDALIAN BANJIR AKIBAT KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KABUPATEN KATINGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Universitas Admajaya Yogyakarta.

Gough, A. (1997). Education and the Environment. Policy, Trends and the Problems of Marginalisation. Melbourne: The Australian Council for Research Ltd.

Gyallay, P. (2019). Environment: PAP-ETAP Reference Guide Book, Chapter 13.

Hall, C. S., Lindzey, G., & Campbell, J. B. (1998). Theories of Personality (4 ed.). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Hasan. (2018). Kampung pendidikan dalam pemberdayaan partisipasimasyarakat desa yang berkarakter dan berdaya saing. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 135–146.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tilaar, H. A. R. (2000). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i2.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.