MANFAAT DAN TANTANGAN GADGET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adi, H. I. S., Suwarno, & Innayah, R. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Plumpang. Jurnal Oportunitas Unirow Tuban, 1(1), 1–6.
Aini, I. N. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN GADGET DALAM MENDUKUNG KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH ( PLUS ) SALATIGA. UMSLibrary.
Al Ghifari, A. (2018). Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Efektivitas Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru.
Dewanti, T., Widada, W., & Triyono, T. (2016). HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DAN PENGGUNAAN GADGET SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 9 MALANG. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 126–131. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p126
Hindriani, S., & Hasyim. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.P 2018/2019. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 9(1), 1–11.
Jamun, Y. M., & Wejang, H. E. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Sma Di Kecamatan Langke Rembong. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–7.
Jariyah, A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19 : Analisis Respon Mahasiswa The Biology Learning Processes and Constraints in the Covid-19 Pandemic Period : Analysis of Student Responses. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183–196.
Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). Penggunaan Gadget untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Seminar Nasional Pendidikan, 58–63.
Mulawarman, W. G. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 37–46.
Muslihudin, M., & Arumita, A. W. (2016). PEMBUATAN MODEL PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Sudi : STMIK Pringsewu). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 6–7.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Noormiyanto, F. (2018). PENGARUH INTENSITAS ANAK MENGAKSES GADGET DAN TINGKAT KONTROL ORANGTUA ANAK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK SD KELAS TINGGI DI SD 1 PASURUHAN KIDUL KUDUS JAWA TENGAH. Journal of Physical Therapy Science, 5(1), 1–11.
Nurmasari, A. (2016). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Keterlambatan Perkembangan Pada Aspek Bicara dan Bahasa pada Balita di Kelurahan Tambakrejo Surabaya. Universitas Airlangga, 49.
Riandari, F., Simangunsong, A., & Sitio, A. S. (2019). PPKM Sekolah Pintar Berbasis Teknologi Di SD Negeri 8 Sihotang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 2(1, Mei), 12–18.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
SETIANA, E. A. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LESSON STUDY MURID KELAS IV SD NEGERI MARGOMULYO KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI TAHUN 2012. UMSLibrary.
Surahman, F., Oktaviana, R., & Dewi, T. M. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDS 018 Plus Avicena Tahun Ajaran 2020 / 2021. Jurnal Pendidikan MINDA, 2(2), 76–80.
Wulandari, F., Marhayani, D. A., Setyowati, R., Anitra, R., Sulistri, E., & Mursidi, A. (2021). The Effectiveness of Study Online in Higher Education. Education. In 2021 The 6th International Conference on Information and Education Innovations (ICIEI 2021), April 16–18, 2021, Belgrade, Serbia., 41–45. https://doi.org/10.4108/eai.20-6-2020.2300722
Yulianti, Asfiyak, K., & Musthofa, I. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Malang. 5, 66–76.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i2.2460
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.