KONTRUKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM "AKU BELAJAR" DALAM MENINGKATKAN LITERASI ANAK PEMULUNG

Iwan Ramadhan, Imran Imran

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kontruksi pemberdayaan mayarakat melalui program “Aku Belajar” untuk meningkatkan literasi anak pemulung di Batu Layang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontruksi pemberdayaan mayarakat melalui program “Aku Belajar” untuk meningkatkan literasi anak pemulung di Batu Layang terlaksana dengan mengadakan kegiatan dimensi (duduk menginspirasi) sebagai kegiatan membangun motivasi anak untuk belajar dan meningkatkan aksara atau literasi anak, kegiatan Charity Day atau pertunjukan pentas seni yang bertujuan agar kreatifitas anak meningkat. Selain kegiatan dimensi dan Charity Day, program “Aku Belajar” membangun perpustakan mini sebagai sarana anak pemulung untuk membaca yang bertujuan agar meningkatkan literasi anak pemulung di Batu Layang. Hasil dari program “Aku Belajar” ini didapatkan bahwa dalam program “Aku Belajar” terdapat perpustakaan belajar yang bertujuan untuk meningkatkan literasi anak pemulung dengan pelaksanaan kegiatan yang berupa penghimpunan buku-buku yang dikagorikan layak untuk dibaca oleh anak-anak secara perlahan dan sudah dirasa cukup maka,  dibangunlah perpustakaan mini untuk anak-anak pemulung di Batu Layang, Minat belajar anak pemulung yang dibina meningkat ditunjukkan dengan perhatian anak saat belajar dimana anak-anak binaan fokus berkonsentrasi dan serius saat relawan memberikan arahan mengenai tujuan pembelajaran, menjelaskan materi serta memecahkan kesulitan belajar mereka dengan cara yang unik dan mudah dipahami. Anak-anak binaan juga menyimak arahan relawan untuk memilih dan menemukan sumber belajar. Mengetahui bahwa perhatian anak adalah satu satu hal yang membuat konsentrasi serta aktivitas peserta didik dalam sebuah pengamatan dan pengertian, tanpa tidak mengesampingkan perbedaan.

Keywords


Pemberdayaan, Literasi, Program "Aku Belajar"

References


Abdullah, M. N. (2003). Sosialisasi program pemberdayaan komunitas adat terpencil ke daerah. Majalah Pikat, 2(3).

Abidin, Y. Dkk. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi, Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Adisasmita, R. (2011). Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Akhyadi, A. S., & Savitri Sadikin, I. (2020). The Construct of Community Empowerment through Social Compass Strategy: Case Study of Empowerment in Processing Waste and Water Hyacinth. International Journal for Educational Studies, 13(1), 27–48.

Arikanto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Jakarta: CV Rineka Cipta.

Hadiyanti, P. (2008). Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program keterampilan produktif di PKBM Rawasari, Jakarta Timur. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(9).

Laksono, B. A., & Rohmah, N. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui lembaga sosial dan pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 4(1), 1–11.

Lassoued, K., Awad, A., & Guirat, R. Ben. (2020). The impact of managerial empowerment on problem solving and decision making skills: The case of Abu Dhabi University. Management Science Letters, 10, 769–780. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.10.020

Marmoah, S. (2014). Manajemen Pemberdayaan Perempuan Rimba. Yogyakarta: Deepublish.

Maryaningsih, D. I. (2016). Pemberdayaan masyarakat desa sebagai upaya penanggulangan kemiskinan. Jurnal Publiciana, 9(1), 158–190.

Marzuki. (2012). Politik pendidikan nasional dalam bingkai undang-undang sistem pendidikan nasional. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 16–38.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 87–99. https://doi.org/10.26877/civis.v1i2/Juli.591

Rahino, R. P. (2018). Disdikbud Kalbar Sebut Angka Buta Aksara Kalbar Mencapai 1,76 Persen Dari 4 Juta Penduduk.

Sholihin, L. Dkk. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sujatmoko, E. (2010). Hak warga negara dalam memperoleh pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7(1), 181–211.

Supsiloani. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan bidang pendidikan nonformal. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(1), 20–30.

Sururi, A. (2015). Pemberdayaan masyarakat melalui program pembangunan infrastruktur perdesaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Jurnal Administrasi Negara, 3(2), 1–25.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 12(1), 15–27. https://doi.org/10.23917/jep.v12i1.202




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.