PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 SD

Syera Trivena Dessiane, Firosalia Kristin

Abstract


Pelaksanaan penilaian sikap sosial di beberapa sekolah dilihat belum maksimal karena penilaian hanya dilakukan berdasarkan pengamatan tanpa instrumen untuk menilai sikap sosial siswa khususnya sikap disiplin. Penelitian ini bertujuan sebagai bahan pertimbangan guru dalam melakukan pengembangan instrumen penilaian sikap sosial pada pembelajaran tematik kelas 4 tema 7 dan tema-tema berikutnya, meningkatkan kualitas instrumen penilaian, bahan referensi, dan pedoman guru mengembangkan instrumen penilaian sikap sosial yang disesuaikan KI dan KD. Indikator sikap yang dinilai dalam penelitian ini
adalah sikap disiplin. Hasil dari penelitian ini, produk mendapatkan skor 80% dari uji validasi ahli instrumen dan masuk kedalam kategori tinggi, dan skor 87,5% dari uji validasi ahli bahasa dan masuk kedalam kategori sangat baik. Dari uji coba terbatas, didapatkan bahwa dari 30 butir pernyataan, 14 (46.67 %) butir pernyataan memiliki tingkat validitas tinggi, 14 (46.67%) butir pernyataan memiliki tingkat validitas cukup dan 2 (6.67 %) butir pernyataan memiliki tingkat validitas rendah. Instrumen memiliki tingkat reliabilitas instrumen dengan α sebesar 0.756 dengan kriteria cukup reliabel untuk digunakan. Produk instrumen penilaian sikap sosial valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan.


Keywords


Pengembangan, instrumen penilaian, sikap sosial, tematik, siswa SD

References


Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Azwar, S. 2011. Sikap dan Perilaku. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455-461.

Hardiani, I. N. (2017). Pengembangan Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(6), 615-628.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta:Kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar tentang Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD).

Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 6(2), 163-175.

Mohamad Mustari. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21-30.

Wardani, Naniek Sulistya. 2012. Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.