TRANSFORMASI PENGETAHUAN KEGEMPAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHAN SOSIAL

Dodik Kariadi, Floria Kabora, Enok Maryani, Helius Sjamsuddin, Mamat Ruhimat

Abstract


Gempa bumi adalah getaran bumi yang berdampak destruktif bagi manusia. Oleh karena itu, belajar dari pengalaman yang telah memberikan wawasan yang berguna terhadap masalah-masalah yang disebabkan oleh ancaman gempa bumi. Maka sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan kegempaan masyarakat yang didasarkan pada kearifan lokal, dilakukan di pulau Lombok. Metode penelitian yang digunakan adalah paradigma kualitatif dengan dua tahapan, yakni tahapan analisis hermeneutik dan fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Lombok dari pengalaman gempa di masa lalu yang dialami oleh nenek moyangnya telah mendapatkan transfer pengetahuan berupa kearifan lokal yang dipelihara secara turun temurun yakni berupa sesengak betegel eleq sabuk belo. Kesimpulannya bahwa masyarakat terdahulu sebenarnya telah memiliki pengetahuan-pengetahuan berupa kearifan lokal yang dijaga dan diwariskan kepada generasi muda dan saluran yang bisa digunakan melalui pendidikan khususnya pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.


Keywords


Transformasi Pengetahuan, Gempa, Kearifan Lokal

References


Al Muchtar, Suwarma. (2014). Paradigma Revitalisasi Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal (Kajian Epistemologik dan Paradigmatik Revitalisasi Pendidikan IPS). Makalah pada Seminar Nasional IPS. Banjarmasin: tidak diterbitkan.

Creswell. J. W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Traditions. New Delhi: SAGE Publications.

Carspecken, P.F. (1996). Critical Ethnography in Educational Research: A The oretical and Practical Guide. New York and London: Routledge.

Adisti, A., Wurjinem, W., & Kustianti, S. K. Studi Deskriptif Intensitas Perhatian Orang Tua Dalam Kedisiplinan Siswa Sd Negeri 01 Kota Bengkulu (Doctoral Dissertation, Universitas Bengkulu).

Aldrich, D. P., & Meyer, M. A. (2015). Social capital and community resilience. American Behavioral Scientist, 59(2), 254-269.

Clerveaux, V., Katada, T., & Hosoi, K. (2008). Information simulation model: Effective risk communication and disaster management in a mixed cultural society. Journal of Natural Disaster Science, 30(1), 1-11.

Dzikron Am, M., Ceha, R., & Muhammad, C. R. (2015). Pengembangan Metode Sosialisasi Mitigasi Bencana Dalam Model Sister Village.

Dwisiwi, R.S, Surachman, Sudomo, J & Wiyatmo, Y. (2012). Pengembangan Teknik Mitigasi dan Manajemen Bencana Alam Gempabumi Bagi Komunitas SMPI di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian. Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta

Fitria, R. (2017). Model of School Preparedness Policy in Earthquake Disaster Mitigation and Volcanic Eruption at Senior High School in Bukittinggi. Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 1(2), 315-320.

Gall, M. D., Gall, J, P., and Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction. Seventh Edition. New York: Pearson Education, Inc

Hidayati, D. (2008). Kesiapsiagaan Masyarakat: Paradigma Baru Pengelolaan Bencana Alam. Jurnal Kependudukan Indonesia, 3(1), 69-84.

Jimerson, S. R., Brock, S. E., & Pletcher, S. W. (2005). An integrated model of school crisis preparedness and intervention: A shared foundation to facilitate international crisis intervention. School Psychology International, 26(3), 275-296.

Joyce Bruce dan Weil Marsha. (2009). Models of Teaching (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, N. (2017). The Model of Disaster Information Dissemination Based On Volunteer Communities: A Case Study of Volunteer Communities in Bandung Regency, West Java, Indonesia.

Lasmono, L., Yusnaldi, H., & Saragih, H. J. (2016). Effectiveness of Socialization Act No. 24/2007 On Disaster Management. Jurnal Pertahanan, 2(3), 229-242.

Lestarini, N. (2017). Pengembangan Model Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional Melalui Peran Opinion Leader. ARISTO, 5(2), 359-373.

Matsuda, Y., & Okada, N. (2006). Community diagnosis for sustainable disaster preparedness. Journal of Natural Disaster Science, 28(1), 25-33.

Mead, George Herbert. (1932). Mind, Self, and Society, edited and with an introduction by Charles W. Morris. Chicago: University of Chicago Press.

Merton, Robert. K. Social Theory and Social Structure. New York: Free Press 1949-1968. 1949.

McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2001). Research in education: A conceptual introduction (5th ed.). New York: Longman.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru.

Nirwansyah, A. W., & Nugroho, A. (2015, June). Pengembangan Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Api Selamet Bagi Siswa Mi Muhammadiyah Singasari. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi Fkip Ump 2015, Isbn 978 (Vol. 6, No. 13, Pp. 36-40).

Oktari, R. S., Shiwaku, K., Munadi, K., & Shaw, R. (2015). A conceptual model of a school–community collaborative network in enhancing coastal community resilience in Banda Aceh, Indonesia. International journal of disaster risk reduction, 12, 300-310.

Puspadiningrum, D., Winarni, E. W., & Hasnawati, H. (2017). Ekstrakurikuler Pramuka Terintegrasi Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Keterampilan Tanggap Bencana Siswa Sd. Jurnal Pgsd: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2).

Rindarjono, M. G. (2016, January). Spatial Modeling for Learning Media of Tsunami Risk Reduction in The Field of Education. In Proceeding of International Conference On Teacher Training and Education (Vol. 1, No. 1).

Sehah, S., Aziz, A. N., & Raharjo, S. A. (2016). Pengembangan model pelatihan pembuatan peta kontur topografi untuk mengidentifikasi dini zona-zona rawan bencana longsor di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 3(2), 67-74.

Supriyono, S., Guntar, D., Edwar, E., Zairin, Z., & Sugandi, W. (2018). Sosialisasi Potensi Bencana Dan Sistem Informasi Geografi (Sig) Kebencanaan Di Kabupaten Seluma. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Shaw, R., & Kobayashi, M. (2001, November). Role of schools in creating earthquake-safer environment. In OECD Workshop, Thessaloniki (Vol. 2001).

Tatsuki, S. (2007). Long-Term Life Recovery Processes Among Survivors of The 1995 Kobe Earthquake: 1999, 2001, 2003, And 2005 Life Recovery Social Survey Results. Journal of Disaster Research, 2, 485-501.

Thabrani, R., Al Haqiqi, J., & Kurniasih, A. (2017, September). Aksiana: A Learning Model of Disaster Mitigation (Flood) And Its Implementation On Indonesian Education. In Proceeding, Seminar Nasional Kebumian Ke-10 Peran Ilmu Kebumian Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Indonesia 13–14 September 2017; Grha Sabha Pramana.

Winarni, E. W. Model Pembelajaran Tematik Menggunakan Kebun Sekolah Sebagai Alernatif Pelaksanaan Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Di Sekolah Dasar. Inovasi Sains Dalam Teknologi Pendidikan, 83.

Winarni, E. W. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Program Pengurangan Risiko Bencana Terintegrasi Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis ICT Bagi Siswa Kelas Iv Sd It Iqra’1 Di Kota Bengkulu. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 351-359.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.