PENGARUH TAMBANG BATU BARA TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMA N) 2 LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009, Pub. L. No. 4, 87 (2009). Indonesia.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hafsari, D., Ramadhian, M. R., & Saftarina, F. (2015). Debu Batu Bara Dan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Pekerja Pertambangan Batu Bara. Majority, 4(9), 35–41. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Harjali. (2017). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(1), 010–019. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10147
Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (1st ed.). Jakarta: PT.Raja Grafindo Presada.
Ikhsan, A., Sulaiman, & Ruslan. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD negeri 2 teunom aceh jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–11. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/187661-ID-pemanfaatan-lingkungan-sekolah-sebagai-s.pdf
Novianti, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rahayu Simanjuntak, N. S. (2013). Hubungan Antara Kadar Debu Batubara Total Dan Terhirup Serta Karakteristik Individu Dengan Gangguan Fungsi Paru Pada Pekerja Di Lokasi Coal Yard Pltu X Jepara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 2(2), 1–15. Retrieved from http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm
Setyaningrum, R., Khairiyati, L., & Sholihah, Q. (2008). Pajanan Debu Batubara Dan Gangguan Pernafasan Pada Pekerja Lapangan Tambang Batubara. Jurnal Kesehatan Lingkungan Unair, 4(2), 1–8.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan (1st ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106
Wahyuningsih, S., & Djazari, M. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Megeri 1 Srandakan. Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia, 2(1), 137–160. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1189
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i1.1639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.