ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTs MAZRO’ILLAH LUBUKLINGGAU

Isbandiyah Isbandiyah, Wati Ningsih

Abstract


ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter Islam dalam pembelajaran IPS di MTs Mazro’illah Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik koesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai-nilai karakter Islam sudah tertanam baik di dalam diri siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis menggunakan persentase sederhana, di mana masing-masing nilai-nilai karakter Islam yang dikelompokkan menjadi tiga kategori secara berurutan yaitu nilai akhlak, kemudian disusul dengan nilai aqidah, dan terakhir adalah nilai ibadah.


Keywords


nilai-nilai karakter Islam

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bermi, Wibawati. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Melalui Penciptaan Suasana Keagamaan di Lingkungan MI Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi. Jurnal Al-Lubab, ISSN: 2502-1850, Volume 3, Nomor 2, November 2017

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, Rudy. (2016). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Isbandiyah. (2017). Upaya Menyiapkan Generasi Emas Melalui Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmiah Pena (Sains dan Ilmu Pendidikan). Vol. 12 No.1, November 2017.

Muzianah, Siti. (2017). Upaya Guru dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Pembentukan Akhlakul Karimah di SDIT As Sunnah Kota Cirebon. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam. Vol (2) No (1), Agustus 2017.

Rahmawati, Isna. (2017). Pengintegrasian Nilai-Nilai dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Magistra, No. 100 Th. XXIX Juni 2017.

Supriana dan Rahmat Sugiharto. (2017). dengan judul Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Bandung Jawa Barat). Jurnal Educan. Vol. 01, No. 01, Februari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v5i1.1468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.