PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN TEHNIK CONCEPT MAPPING BAGI SISWA SMA NEGERI 1

Mustikorini Mustikorini

Abstract


Permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Ancaman Terhadap Integrasi Nasional dan berapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada aspek  pengetahuan yang berbentuk tes tertulis dan aspek ketrampilan.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi,  dan tes tertulis. Validitas data dilakukan oleh Expert Judgment dalam penelitian ini adalah teman sejawat yang lebih senior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata ulangan harian siswa yang tuntas pada prasiklus adalah 77,07(36%),  (2) nilai rata-rata pada siklus I adalah 77,23 (47 %), dan (3) nilai rata-rata pada siklus 2 adalah 84,07 (78%) pada siklus II. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran Discovery Learning dengan tehnik Concept Mapping  dapat meningkatkan hasil belajar materi Ancaman Terhadap Integrasi Nasional di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Wirosari Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 secara signifikan.


Keywords


Discovery Learning, Concept Mapping , peningkatan hasil belajar, Ancaman Terhadap Inregrasi Nasional

Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal.2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual, Bandung : Yrama Widya

Suryobroto.2009, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta, Rineka Cipta.

Warsono dan Harianto.2012, Pembelajaran Aktif,Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset

Eka Ikhsanudin, 2014, Pembelajaran Model Discovery Learning, diakses Tanggal 4 Desember 2014 di https://www.ekaikhsanudin.net/2014/12/pembelajaran-model-discovery-learning.html




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i2.1397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.