PURUN: MERAJUT EKOLOGI DAN TRADISI DI KOTA TIKAR DALAM KONTEKS IPS

wasis suprapto

Abstract


Purun (eleocharis dulcis) adalah sejenis tumbuhan semak yang tumbuh di daerah rawa. Tumbuhan jenis inioleh masyarakat Menang, Pedamaran, Ogan Komering Ilir (OKI) dikreasi menjadi aneka kerajinan bernilai ekonomis tinggi. Kreasi itu terdiri dari tikar, tas, dan aneka anyaman lainnya sehingga membuat daerah ini mendapat julukan sebagai Kota Tikar. Uniknya proses pembuatan aneka kerajinan tersebut dilakukan tanpa merusak alam. Alambenar-benar dijaga dan dirawat kelestariannya karena mampu memberi dampak sosial, ekonomi, dan budaya pada masyarakat setempat. Tradisi yang mampu menumbuhkan semangat gotong royong, kerjasama, dan kreativitastetap terjaga di tengah citra duta atau bandit sosial yang melekat pada orang OKI. Oleh sebab itu, diperlukan usaha merajut tradisi, melestarikan ekologi, dan merubah citra duta yang salah satunya dapat dilakukan dengan mengoptimalkan peran pendidikan melalui mata pelajaran IPS. IPS dipilih karena kajiannya membahas tentang persoalan sosial masyarakat. Realisasi tersebut dilakukan dengan (1) perencanaan pembelajaran dengan cara mengintegrasikan tradisi purun dan citra duta dengan KI KD IPS, (2) Penerapan pembelajaran melalui pendekatan scientifik disertai model pembelajaran diskusi dan karyawisata untuk mengelaborasi fenomena IPS (3) Penilaian hasil belajar IPS berdasarkan projek.Tiga langkah itu dilakukan untuk membuat pembelajaran IPS lebih menarik, bermakna, serta mampu menumbuhkan kepekaan sosial siswa.

Keywords


Tradisi Purun dan Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Asikin. S., M. Thamrin. 2012. Manfaat Purun Tikus (Eleocharis Dulcis) Pada Ekosistem Sawah Rawa. Jurnal Litbang Pertanian, Vol 31, No 1 Februari 2012

Awang. 2002. Etnoekologi Manusia di Hutan Rakyat. Sinergi Press. Yogyakarta.

Baudrilard. 1998.

Danarti, Ratna. 2014. Perbedaan Hasil Belajar IPS Model Project-Based Learning Berbasis Outdoor Study dengan Konvensional Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora Vol. 2 No. 2, Juni 2014

Fatriani. 2010. Produktivitas dan Rendemen Anyaman Purun Danau (Lepironia Mucronata Rich) di Desa Harusan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Jurnal Hutan Tropis Vol 11 No. 30, September 2010

Fraire, Paulo. 1992. The Pedagogy of the Oppressed. Harmondsworth: Penguin Books, Inc

Hilmanto, R. 2009. Etnoekologi. Bandar Lampung: Universitas Lampung, 4-53.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: kunci sukses implementasi kurikumum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ismail, M., Sukardi, dan Su’ud Surachman. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran IPS BerbasisKearifan Lokal Masyarakat Sasak: ke Arah Sikap dan Prilaku Berdemokrasi Siswa SMP/MTS. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol 42, No2, Juli 2009

Johnson, AP. 2010. Making Connections in Elementary and Middle School Social Studies: (2nd ed). California: SAGE Publication Inc.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2013. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Khan. R. 2010. Critical Pedagogy, Ecoliteracy, and Planetaru Crisis. New York: Peter Lan.

Kincheloe, Joe L. 2008. Knowledge and Critical Pedagogy: An Introduction. Amsterdam: The Netherlands Springer

Nachrawie, Mardhotillah. 2017. Sumber Belajar Lingkungan Dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. SOCIUS: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPS, 6 (2) Oktober 2017

Noor, M. (2010). Lahan Gambut: Pengembangan, Konservasi dan Perubahan Iklim. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Oktavian, Catur Nurrochman., Enok Maryani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran IPS Untuk Mengembangkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Gea Vol 15 No 2, Oktober 2015

Pujatama, Puput. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (Studi Pada Sekolah-Sekolah di Kota Semarang). Journal of Educational Social Studies. Vol 2 No 2 November 2014

Qodariah, Lelly., Laely Armiyati. 2014. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga sebagaiAlternatif Sumber Belajar. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol 10 No 1 Mei 2014

Ramawati, Isye., Enok Maryani dan Agus Mulyana. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, Vol 16, No 1, April 2016, hlm 66-87.

Resmi, Gagan Ganjar., . H Mukran (2014).Pemberdayaan Perempuan Melalui Daya Saing Produk Berbahan Ramah Lingkungan (Go Green) di Usaha Pembuatan Tikar Daun Purun Palembang. Jurnal Ilmiah MBiA Vol.14 No.1, April 2015

Savage, T.V., & Armstrong, D.G. (1996). Effective Teaching In ElementarySocial Studies. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Sigit, Kuncoro. 2015. Optimalisasi Pemanfaatan AlamDalam Penerapan Kurikulum 2013. Pendidikan Dasar. Vol. II No. 2 Juli 2015

Somantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.

Steenis, S.C.G.G.J. 2003. Flora. Jakarta: Pradnya Paramitha.

Supriatna, Nana. 2017. Ecopedagogy. Bandung: PT Rosdakarya

Sutrisna, Edy. 2012. Strategi Guru Dalam Pembelajaran IPS (Studi Eksploratif Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMP Wilayah Kabupaten Pati). Journal of Educational Social Studies. Vol 1 No 1 2012.

Tata, Hesti Lestari., Adi Susmianto. 2016. Prospek Paludikultur Ekosistem Gambut Indonesia. Bogor: Forda Press

Tilaar, H.A.R.,Jimmy Ph. Paat dan Lody Paat. 2011. Pedagogik Kritis: Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Widiastuti, Anik., Satriyo Wibowo. 2012. Studi Eksplorasi Persepsi Guru IPS SMP Kabupaten Sileman Terhadap IPS Terpadu. Istora: Jurnal Pendidikan & Sejarah. Vol 2 September 2012.

Yoandestina. (2013). Purun tikus bagi petani rawa. Balai Penelitian Pertanian LahanRawa. Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Balittra.litbang.deptan.go.id

Zarrillo, J.J. (2012). Teaching Elementary Social Studies: Principles and Application. Boston: Pearson Education




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i2.1286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.