PENGGUNAAN AWIK-AWIK SEBAGAI MODEL “ECOPEDAGOGY” DALAM PEMBELAJARAN IPS

dodik kariadi

Abstract


Abstrak. Awig-awig pada dasarnya adalah peraturan yang harus di patuhi oleh masyarakat sebagai mana aturan ini disebut sebagai aturan adat dan aturan lokal. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip implementasi Awik-awik sebagai model “ecopedagogy” dalam pendidikn IPS dan plikasi Awik-awik sebagai model “ecopedagogy” ke dalam Pembelajaran IPS. Tulisan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menjelaskan (to explain), tentang Penggunaan Awik-Awik Sebagai Model “Ecopedagogy” dalam Pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui awik-awik sebagai model “ecopedagogy” dalam pembelajaran IPS yang dilaksanakan di sekolah, program lingkungan hidup dapat diimplementasikan dalam kurikulum sekolah. Implementasi program lingkungan hidup dalam kurikulum diharapkan dapat menciptakan perubahan, baik perubahan sikap maupun pengetahuan serta mampu membentuk kepribadian peserta didik untuk menjadi lebih baik. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mewujudkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan hidup yakni, sekolah berupaya untuk memasukkan program lingkungan hidup ke dalam kurikulum.


Keywords


Keyword. Awik-Awik, Ecopedagogy, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Capra, Fritjof. 1997. Titik Balik Peradaban-Sains, Masyarakat dan bangkitan Kebudayaan. Bentang Pustaka.

Hana Yunansah1 dan Yusuf Tri Herlambang (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar Sebuah telaah kritis dalam perspektif pedagogik kritis. Eduhumaniora: jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 9. No.1

Jakiatin Nisa, dkk. (2017). Identifikasi Pembelajaran IPS Berbasis Literasi Geografi dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 4 (1), 2017, 1-13

Muhaimin. (2014). Membangun Kecerdasan Ekologis. Bandung: Alfabeta.

Sang Putu Kaler Surata. (2013). Pembelajaran Lintas Budaya: Penggunaan Subak sebagai Model “Ecopedagogy. Jurnal Kajian Bali Volume 03, Nomor 02.

Supriatna, N. (2016). Ecopedagogy. Bandung: Rosdakarya.

Surata, K. (2010). Pembelajaran Lintas Budaya: Penggunaan Subak sebagai Model “Ecopedagogy”. Jurnal Kajian Bali. 03, (02).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i2.1285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

J-PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpipsi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289694411803

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.