PENERAPAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP PADA KELAS XI IPS2 SMA NEGERI 1 WROSARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENTINGNYA HUBUNGAN INTERNASIONAL BAGI INDONESIA

tri lestari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang factor yang mempengaruhi kurangnya pencapaian dari kompetensi seperti, minat dan semangat siswa yang selalu kurang memperhatikan dalam proses pembelajaran,kurangnya perhatian dari orangtua, pengaruh lingkungan permainan, penyampaian guru yang monoton dan tidak menyenangkan yang menjadikan siswa minat, semangat  turun drastis, dengan denikian upaya yang harus dilakukan adalah  peran orang tua, pihak sekolah memberikan sosialisasi terhadap siswa mengenai sikap dan perilaku, guru merubah sistem penyampaian dalam pembelajaran. Hal ini harus dilaksanakan bersama baik dari internal dan eksternalnya. Dalam pembelajaran guru tidak cukup terfokus hanya pada satu  model dan metode tertentu saja. Guru perlu mencoba menerapkan berbagai model dan metode yang sesuai dengan tuntutan materi pembelajaran, termasuk dalam penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan pendekatan Saintifik dan  metode diskusi Buzz Group, karena metode ini dapat meningkatkan kerja sama siswa dalam  memecahkan masalah baik individu maupun kelompok. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2019 di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wirosari dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang dan perempuan 20  orang. Metode Penelitian adalah Tindakan Kelas dengan dua siklus penelitian yang masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 69,28,5%. Dan setelah diterapkan diskusi buzz group pada pembelajaran siklus 1, peningktan mencapai 74,85 % dan di siklus 2 menjadi 85,28%. keaktivan belajar siswa berpengaruh pada hasil belajar siswa dimana pada prasiklus, siswa yang tuntas adalah  17 siswa (50%), pada siklus 1 meningkat menjadi 25 siswa (70%) dan Siklus 2 menjadi 33 siswa (95%).


Keywords


Hubungan Internasional, Metode Diskusi Buzz Group, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsudin. (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Budiyanto (2007 Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMA :Jakarta Erlangga

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Muhibin Syah.(2004).Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.

Nasution. S (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ngalim Purwanto (2006 ). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Oemar Hamalik (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Psikologi Pendidikan

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sardiman, A.M (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2008). Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2003). Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Bandung : Usaha Nasional.

Sunardi HS (2007 Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMA, Surakarta: Tiga Serangkai

Sunarto. (2012). Pengertian prestasi belajar. Fasilitator idola [online]. Tersedia : http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/ [1 April 2012]

Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

The Liang Gie (2004). Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i2.1274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang


Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251

No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Jurnal PIPSI is Indexed by:

 

Creative Commons License

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.