PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA

Agus Yulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy siswa dan hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Sekadau. Dari hasil penelitian didapatkan hasil self-efficacy siswa sebesar 52,77% responden memilih kategori baik dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 70,95 termasuk dalam kategori baik dengan persamaan Y = 55,691 + 0,653 X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Kemudian populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Sekadau berjumlah 123 siswa dengan sampel berjumlah 55 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik langsung, teknik tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan program statistik SPSS versi 18.0 dengan hasil analisis data menyatakan  bahwa terdapat pengaruh antara self-efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Sekadau sebesar 61,4% dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,784 (R) dengan R square 0,614 dan tingkat interpretasi hubungan kuat..

Keywords


Self-Efficacy, Hasil Belajar, Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, Albert.(2008). Self efficacy. 1-14. Online. Available athttp://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/BanEncy.html. (diakses tanggal 11 Juli 2019).

Baron, R.A dan Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Hermino, Agustinus. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ormrod, Jeanne Ellis. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Pajares, Frank. (2006). Self efficacy During Childhood and Adolescence. Chapter 15. 339-367. Online. Available at http://www.uky.edu/~eushe2/Pajares/PajaresAdoed2006.pdf. (diakses tanggal 6 Mei 2019).

Prawira, Purwa Atmaja. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: AR RUZZ Media.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samuelson. (2013). Ilmu Makro ekonomi. Jakarta: PT Media Global Edukasi.

Schunk, D.H. (2009). Learning Theories An Education Perspective (Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharso, Puguh. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Filosofis dan Praktis. Jakarta: PT Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

J-PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

e-ISSN : 2477-8427

p-ISSN : 2477-6254

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpipsi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289694411803

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.