METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN BELAJAR IPS
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada peserta didik SD Negeri Beji 5 yang berjumlah 40, terdiri dari 20 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas 3 SD Negeri Beji 5 dengan metode pembelajaran Role Playing dan media audio visual. Dari hasil pada pembelajaran prasiklus dengan KKM 75 di peroleh rerata kelas 58,25. Peserta didik yang tuntas hanya 7 (17,5%) dan dapat menjawab 10 (25%) sedangkan yang tidak menjawab ada 30 peserta didik atau 75 %. Pada siklus 1 hasil Rata-rata adalah 70,8. yang tuntas sebanyak 23 orang (57,5%) dan hasil pengamatan hanya 25 (62,5%) dapat menjawab. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas sebesar 81,88. Peserta didik yang tuntas dalam pelajaran sebanyak 40 (100%) dan sedangkan hasil pengamatan yang dapat menjawab 40 (40%), sedangkan hasil pengamatan yang dapat menjawab dan tidak dapat menjawab diperoleh 40 orang peserta didik dapat menjawab atau 100 %. Dengan demikian pembelajaran menggunakan metode Role Playing dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar, keaktipan serta motivasi, materi yang disampaikan oleh guru dapat dimengerti, tanggung jawab peserta didik terhadap tugas cukup tinggi, dan membantu peserta didik untuk terlibat aktif di dalam kegiatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrori, Muhammad. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima.
Arsyad, Azahra, (2014) Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo, (2016) Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Arsyad., dan Sulfemi, Wahyu Bagja (2014). Minat Siswa Tentang Keadministrasian dengan Hasil Belajar Administrasi Perkantoran. Edutecno. 9 (2), 40-50
Arsyad, dan Salahudin. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur’an dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(2), 166-178.
Anitah W, Sri dkk, (2014). Strategi Pembelajaran di SD.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Daryanto, (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta contoh-contohnya, Yogyakarta: Gava Media
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar-Mengajar (revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah B. Uno. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bandung : Bumi Aksaara
Karsiwan, Wawan dan Sulfemi, Wahyu Bagja (2016). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Kinerja Guru SD Di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Edutecno. 15. (1). 1-10.
Hernawan, Asep Herry, Novi Resmini, dan Andaani. (2016). Pembelajaran Terpadu di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Hamalik, Umar. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Suryanto, Adi (2014). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual dan Penggunaan Media Video Pendidikan Terhadap Hasil Belajar IPS. Edutecno. 13 (2), 1-10.
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2016). Hubungan atara Persepsi Guru pada Kepemimpian Kepala Sekolah dan Motivasi Guru dengan Kinerja guru dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Ciomas. Fascho : Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan,5 (1), 36-55
Sulfemi, Wahyu Bagja dan Abdul Qodir. (2017). Hubungan Kurikulum 2013 Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMK Pelita Ciampea. Edutecno 17 (2), 1-8
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2017). Analisis Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Kabupaten Bogor). Prosiding Seminar Nasonal STKIP Muhammadiyah Bogor, 1 (1), 342-357
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Edutecno 17 (1), 1-10
Sulfemi, Wahyu Bagja dan Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam. 3 (2). 151-158
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018). Manajemen Kurikulum di Sekolah. Bogor : Visi Nusantara Maju.
Yusnita dan Munzir. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Dengan Contextual Teaching Learning Melalui Media Gambar Siswa Sekolah Dasar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 4 (1). 23-38.
Uno, B. Hamzah, (2007). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, Udin S. (2014). Pembelajaran PKn di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Letera
Wardhani, IGAK. (2016). Penelitian Tindakan Kelas, Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Widaryanto dan Sulfemi, Wahyu Bagja (2016). Korelasi Penguasaan TIK Guru dengan Kemampuan TIK Siswa. Edutecno. 14 (1). 1-10
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
e-ISSN : 2477-8427
p-ISSN : 2477-6254
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6289694411803
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Jurnal PIPSI is Indexed by:
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.