Pengaruh Model Flipped Classroom berbantuan Google sites Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pada Materi Rantai Makanan
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Classroom berbantuan google sites terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pada materi rantai makanan di SDN 33 Pontianak Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling dengan memberikan perlakuan yang berbeda kepada kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 64 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pretest -posttest control group design dengan teknik perolehan berupa soal pilihan ganda. Analisis yang digunakan yakni uji normalitas dan uji paired sample t-test. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Hα diterima, dengan hasil nilai mean hasil belajar Posttest dikelas eksperimen sebesar 80,31 sedangkan nilai mean Posttest dikelas kontrol 40,31 Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Flipped Classroom berbantuan google sites terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi rantai makanan di SDN 33 Pontianak Utara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen
Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776–783. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/articl e/view/280
Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23– 29. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35
Anjelina, Yuline, & Halida. (2016). Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Sains pada Anak Usia 5-6 Tahun. Neliti.Com, 1–13. https://www.neliti.com/publications/215197/peningkatan-kecerdasan-naturalis-melalui-metode-demonstrasi-pada-
pembelajaran-sa
Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Djollong, A. F. (2019). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif
(Technique of Quantitative Research). Istiqra’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224
Gribbons, B., & Herman, J. (2011). True and quasi-experimental designs true and quasi-experimental designs. Journal of Practical Assessment, 5(14), 26–37.
Hadidi, H., & Setiawan, B. (2021). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 377–384. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1395
Hendriana, E. C. (2022). Discovery learning. Education 3-13, 1(1), 5. https://doi.org/10.1080/03004277308558792
Ilie, V . (2019). The Flipped Classroom. Education Quarterly Reviews, 2(2), 395–407. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.02.72
Kurnianto, B., & Haryani, S. (2020). Critical Thinking Skills and Learning Outcomes by Improving Motivation in the Model of Flipped Classroom Article Info. Journal of Primary Education, 9(3), 282–291. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/27783
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Mashudi, Sahra, Ridanti, M. (2023). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. 2(8), 931–942.
Maulida, & Lubis, S. P. W. (2018). Jurnal Dedikasi Pendidikan Analisis Tingkat Reliabilitas pada Item Tes Tipe Pilihan Ganda. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 2(2), 128–133.
Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 97. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36669
Oktaviana, M., & Putri, D. H. (2020). Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 131–140.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Siswa . Jurnal Penelitian Pendidikan IP A, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457
Sudrajat, D. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan Disertai Aplikasi Program SPSS (Drs. Didi Sudrajat, M.Pd.) (Z-Library) (1).
Taneo, L. E., & Moleño, R. E. (2021). Students’ performance using Physics Education Technology (Google sites) Interactive Simulation strategy. Journal of Education & Social Policy, 8(2), 52–55. https://doi.org/10.30845/jesp.v8n2p8
Tomas, L., Evans, N. (Snowy), Doyle, T., & Skamp, K. (2019). Are first year students ready for a flipped classroom? A case for a flipped learning continuum. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-0135-4
Wang, K., & Zhu, C. (2019). MOOC-based flipped learning in higher education: students’ participation, experience and learning performance. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-
-0
Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian
Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1404
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.5008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.