Pengaruh Model Flipped Classroom berbantuan Google sites Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pada Materi Rantai Makanan

Taufan Untung Wibowo Silitonga, Halida Halida, Aunurrahman Aunurrahman

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Classroom berbantuan google sites terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pada materi rantai makanan di SDN 33 Pontianak Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling dengan memberikan perlakuan yang berbeda kepada kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 64 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pretest -posttest control group design dengan teknik perolehan berupa soal pilihan ganda. Analisis yang digunakan yakni uji normalitas dan uji paired sample t-test. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Hα diterima, dengan hasil nilai mean hasil belajar Posttest dikelas eksperimen sebesar 80,31 sedangkan nilai mean Posttest dikelas kontrol 40,31 Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Flipped Classroom berbantuan google sites terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi rantai makanan di SDN 33 Pontianak Utara.


Keywords


Hasil Belajar, Flipped Classroom, Google sites

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen

Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776–783. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/articl e/view/280

Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23– 29. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35

Anjelina, Yuline, & Halida. (2016). Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Sains pada Anak Usia 5-6 Tahun. Neliti.Com, 1–13. https://www.neliti.com/publications/215197/peningkatan-kecerdasan-naturalis-melalui-metode-demonstrasi-pada-

pembelajaran-sa

Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Djollong, A. F. (2019). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif

(Technique of Quantitative Research). Istiqra’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224

Gribbons, B., & Herman, J. (2011). True and quasi-experimental designs true and quasi-experimental designs. Journal of Practical Assessment, 5(14), 26–37.

Hadidi, H., & Setiawan, B. (2021). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 377–384. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1395

Hendriana, E. C. (2022). Discovery learning. Education 3-13, 1(1), 5. https://doi.org/10.1080/03004277308558792

Ilie, V . (2019). The Flipped Classroom. Education Quarterly Reviews, 2(2), 395–407. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.02.72

Kurnianto, B., & Haryani, S. (2020). Critical Thinking Skills and Learning Outcomes by Improving Motivation in the Model of Flipped Classroom Article Info. Journal of Primary Education, 9(3), 282–291. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/27783

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Mashudi, Sahra, Ridanti, M. (2023). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. 2(8), 931–942.

Maulida, & Lubis, S. P. W. (2018). Jurnal Dedikasi Pendidikan Analisis Tingkat Reliabilitas pada Item Tes Tipe Pilihan Ganda. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 2(2), 128–133.

Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 97. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36669

Oktaviana, M., & Putri, D. H. (2020). Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 131–140.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Siswa . Jurnal Penelitian Pendidikan IP A, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457

Sudrajat, D. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan Disertai Aplikasi Program SPSS (Drs. Didi Sudrajat, M.Pd.) (Z-Library) (1).

Taneo, L. E., & Moleño, R. E. (2021). Students’ performance using Physics Education Technology (Google sites) Interactive Simulation strategy. Journal of Education & Social Policy, 8(2), 52–55. https://doi.org/10.30845/jesp.v8n2p8

Tomas, L., Evans, N. (Snowy), Doyle, T., & Skamp, K. (2019). Are first year students ready for a flipped classroom? A case for a flipped learning continuum. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-0135-4

Wang, K., & Zhu, C. (2019). MOOC-based flipped learning in higher education: students’ participation, experience and learning performance. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-

-0

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian

Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1404




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.5008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.