Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas; (2) menganalisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas. Jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek terdiri dari 5 orang siswa kelas IV-B SDN 21 Singkawang yang mengalami kesulitan belajar. Pengumpulan data menggunakan Teknik komunikasi langsung dan tidak langsung. Instrumen yang digunakan adalah panduan observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) kesulitan belajar pada pembelajaran tatap muka terbatas terjadi karena siswa tidak mampu menguasai materi pelajaran dengan waktu yang telah ditentukan, kurangnya kemampuan siswa baik kognitif, afektif, dan psikomotorik, kurangnya penguasaan pengetahuan yang menyebabkan hasil belajar menurun, dan kepribadian yang kurang baik saat belajar, seperti tidak menyimak penjelasan dari guru sehingga mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas; 2) faktor-faktor kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Faktor eksternal tersebut yaitu kurangnya dorongan atau motivasi, serta perhatian dari orang tua, teman sebaya, dan terbatasnya waktu dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1), 56-61.
Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(2): 402.
Rizal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Group.
Suroso. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-Soal Fisika Termodina Pada Siswa SMA Negeri 1 Magetan. Jurnal Edukasi matematika dan Sains. 4(1): 14.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyono & Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Enthnigrapy). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 1 (2, 2120).
Menkominfo. (2021). “PTM Terbatas Merupakan Upaya Menyelamatkan Anak-Anak Indonesia”. https://newssetup.kontan.co.id/news/menkominfo-ptm-terbatas-merupakan-upaya-menyelamatkan-anak-anak-indonesia-1. Diakses pada 10 Oktober 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v7i2.3401
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
e-ISSN : 2477-8435
p-ISSN : 2477-5940
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JPDI indexed by:
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.