Ragam Fungsi Gestur pada Tuturan Deiksis dalam Film 3 Srikandi: Analisis Multimodal Korpus

Destiani Destiani, Andayani Andayani, Muhammad Rohmadi

Abstract


Bahasa Indonesia beberapa tahun terakhir ini makin banyak dipelajari oleh berbagai negara. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) memerlukan multimedia untuk menunjang unsur gestur pada materi deiksis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keragaman fungsi gestur pada tuturan deiksis dalam Film 3 Srikandi. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan data penelitian melputi unsur verbal dan nonverbal. Data verbal berupa deiksis, sedangkan unsur nonverbal berupa berbagai gestur yang hadir saat tokoh mengucapkan deiksis. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Sementara itu, data diolah dengan menggunakan analisis isi dengan pendekatan multimodal. Hasil penelitian menunjukkan tuturan deiksis yang disampaikan para tokoh dapat menampilkan beberapa gestur sehingga fungsi gestur pun beragam. Penggunaan multimedia Film 3 Srikandi membantu proses pembelajaran deiksis dengan adanya unsur nonverbal yang melekat pada dialog tokoh. Pengajar BIPA dapat menggunakan film sebagai media pembelajaran yang membantu untuk menjelaskan materi deiksis. Selain itu, multimedia dapat menstimulus mahasiswa dalam berkomunikasi serta memperbanyak kosakata baru yang diperoleh di kelas bahasa.

Keywords


bahasa Indonesia; deiksis; gestur; mahasiswa asing; multimedia

Full Text:

PDF

References


Alarcon, J. B., & Morales, K. N. (2011). Grammatical cohesion in students’ argumentative essay. Journal of English and Literature, 2, 114-127.

Andayani, P., Pd, M., Gilang, L., & Sn, S. (2015). The Effectiveness of Integrative Learning Based Textbook toward the Local Culture Comprehension and Indonesian Language Skill of Foreign Students. International Journal of Humanities and Social Science, 5(10), 197–207

Anthony, L. (2014). AntConc (Version 3.4.3) [Computer software]. Tokyo, Japan: Waseda University.

Bonsignori, V. (2018). Using films and TV series for ESP teaching: A multimodal perspective. System, (2015).

Cunningsworth. (1995). Choosing your coursebook.

Great Britain: The bath Press.

Francesconi, S. (2014). Reading tourism texts: A multimodal analysis. Bristol: Channel View Publications.

Green, K. (2015). Deixis and the poetic persona, 1(2), 121–134.

Hanks, W. F. (2009). Fieldwork on deixis. Journal of

Pragmatics, 41(1), 10–24.

Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching (4th ed.). Harlow, UK: Pearson Longman.

Holder, D. E., & Young, J. (2010). HEARD AND SEEN - Instructor Led Video and its Effect on Learning. Proceedings of the 2nd International Conference on Computer Supported Education, 186–189.

Holsti, Ole R. (1969). Content Analysis for the Social Science and Humanities. Reading, Massachusetts : Addison –Westley Publishing.

Kendon, A. (2004). Gesture: Visible Action as Utterance. Cambridge: Cambridge University Press.

Kress, G. (2003). Literacy in The New Media Age. London: Routledge.

Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K Media.

Lei, J. (2016). Advantages of Integration of Multimedia Network and Interactive English Teaching. ISME 2016 - Information Science and Management Engineering IV, (Isme), 107–110. https://doi.org/10.5220/0006444801070110

Levinson, S. (1983). Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Mahsun. (2007). Metodologi Penelitian Bahasa: Tahap Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Media, K. C. (2016), June 14). Poster Film "3 Srikandi" Resmi Dirilis. Retrieved from https://entertainment.kompas.com/read/2016/06/14/204227510/poster.film.3.srikandi.resmi.dirilis

Mulderrig, J. (2012). The hegemony of inclusion: A corpus-based critical discourse analysis of deixis in education policy. Discourse and Society, 23(6), 701–728.

Nohara, S., & Brotoseno, I. (2016, August 04). 3 Srikandi. Diambil dari http://filmindonesia.or.id/movie/title/lf-3009-16-515790_3-srikandi/award#.W1APL5MxXIU

O’Keefe A, Clancy, B and Adolphs, S. (2011). Introducing Pragmatics in Use. London: Routledge.

Parker, F. M., & Faulk, D. (2004). Lights, camera, action: using feature films to stimulate emancipatory learning in the RN to BSN student. Nurse Educator, 29(4), 144-146.

Prasch, A. M. (2016). Toward a rhetorical theory of deixis. Quarterly Journal of Speech, 102(2), 166–193.

Putrayasa, I.B. (2014). Pragmatik. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Rahmawati, N. S., Santoso, A., & Andajani, K. (2017). Respons Siswa Kelas Vii Terhadap. Respons Siswa Kelas VII Terhadap Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Media Video Pengetahuan, 2(1), 1092–1096.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanskanen, S. K. (2006). Collaborating towards coherence: Lexical cohesion in English discourse. Amsterdam, Netherlands: John Benjamins.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.