Development of Physics Teaching Media Using Speed Sensors as Speed Analysis in Realtime Based on Arduino to Remind Students' Problem Solving Abilities
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (English)References
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017, August). Fisika, etnosains, dan kearifan lokal dalam pembelajaran sains. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) (pp. 81-88).
Setiorini, I. (2014). Rancang Bangun Smart Timer Sebagai Alat Pengukur Waktu dan Kecepatan untuk Media Pembelajaran Gerak Lurus. Inovasi Fisika Indonesia, 3(02).
Suseno, N., & Riswanto, R. (2017). Program optimalisasi peran laboratorium fisika SMA di kota Metro, Lampung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2): 149-158.
Yanti, D. E. B., Subiki, S., & Yushardi, Y. (2017). Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1): 41-46.
Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2): 68-75.
Marhadini, S. A. K., Akhlis, I., & Sumpono, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi gerak parabola untuk siswa sma. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3): 38-43.
Sudjana, N., & Arifin, D. (1995). Dasar-Dasar Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Király, A., & Tél, T. (2017). Teaching Physics Innovatively. New Learning Environments and Methods in Physics Education.
Qomariyah, N., & Wirawan, R. (2018). Aplikasi Sensor Infrared dan Arduino Uno untuk Alat Peraga Sederhana Gerak Jatuh Bebas. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1: 652-659.
Kadir, A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari aplikasi mikrokontroler dan pemrogramannya menggunakan Arduino. Yogyakarta: Andi.
Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April): 11-18.
Hartini, S., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). Pengembangan alat peraga fisika energi melalui perkuliahan berbasis project based learning. Vidya Karya, 33(1): 42-50.
Brox, P., Huertas-Sánchez, G., López-Angulo, A., Álvarez-Mora, M., & Haya, I. (2016, June). Design of sensory systems using the platform Arduino by undergraduate Physics students. In 2016 Technologies Applied to Electronics Teaching (TAEE) (pp. 1-6). IEEE.
Wijaya, C. A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran pengendali kecepatan dan soft starting motor listrik berbasis arduino pada mata kuliah penggunaan dan pengaturan motor. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2): 15-20.
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Muchlis, F., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika Berbasis Internet of Things untuk Praktikum Hukum Newton II. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1): 13-20.
Damayanti, R., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2020, January). Profil Kemampuan Analisis Siswa dalam Menggunakan Media Pembelajaran Gerak Melingkar Berbasis Mikrokontroler ESP32 Dengan Tampilan Android. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).
Subhan, K. M. J., & Sucahyo, I. (2020). Pengembangan Alat Praktikum Hukum II Newton dengan Sensor Infrared untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas X. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2).
Hendrawan, R., Budi, E., & Bakri, F. (2019, December). Media Berbasis Arduino: Model Pengukuran Percepatan Gravitasi Bumi Dengan Prinsip Gerak Jatuh Bebas. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 8, pp. SNF2019-PE).
Santosa, E. S. B., & Waluyanti, S. (2019, November). Teaching Microcontrollers using Arduino Nano Based Quadcopter. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1413, No. 1, p. 012003). IOP Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v5i3.1789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Umi Pratiwi, Siska Desy Fatmaryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: [email protected]
JIPF Indexed by:
Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)