PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Fadilah, Putri Nur Kusumawati, Rizki Zuliani

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan esensial dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), terutama di jenjang sekolah dasar yang menjadi fondasi bagi pengembangan nalar ilmiah siswa. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran IPA masih banyak berfokus pada hafalan dan penyampaian informasi secara langsung, sehingga kurang memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir secara mendalam dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis terhadap empat artikel hasil penelitian yang relevan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi temuan antar studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Discovery Learning secara konsisten berkontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Model Discovery Learning memungkinkan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran melalui pengamatan, percobaan, dan penarikan kesimpulan, sehingga memperkuat pemahaman konseptual dan mendorong pemikiran analitis. Temuan juga menunjukkan bahwa indikator keterampilan berpikir kritis seperti kemampuan menganalisis, menyimpulkan, dan mengklarifikasi ide mengalami peningkatan di setiap siklus. Dengan demikian, Discovery Learning dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk membentuk pola pikir ilmiah sejak dini.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Y. D., & Wahyudi, W. (2024). Pengembangan Media Appekosis dengan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2258–2264. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2460

Anggraeni, R. A., Wahyuni, S., Bachtiar, R. W., Karimah, A., & Yusmar, F. (2025). Kajian Literatur: Peran Discovery Learning pada Pembelajaran IPA dalam Mengembangkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 300-308. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27795

Fadillah, S., Ramadhani, E., & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 433-440.

Hopipah, R., Sofyan, H., & Haryanto, E. (2025). The Influence of the Discovery Learning Model on Enhancing Motivation and Learning Outcomes in Natural and Social Sciences (IPAS) Among Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(3), 230–236. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i3.9750

Kurniawati, E., Oktradiksa, A., & Shalikhah, N. D. (2021). Discovery Learning Model For Improving The Students’ Critical Thinking Skills: A Narrative Review. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(2), 345–366. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i2.691

Lestari, P. N. A., & Dewi, M. S. A. (2022). The Effect of Discovery Learning Implementation On Science Literature Ability Reviewing From Self Regulation Learning Elementary School Stu-Dents. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 100–113. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i1.17847

Mahardinata, L. T., Abadi, I. B. G. S., & Ganing, N. N. (2024). Media Flipbook Berbasis Discovery Learning Muatan IPAS Materi Daerahku Kebanggaanku Siswa Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 238–249. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.78073

Mutiani, M., Disman, D., Abbas, E. W., Wiyanarti, E., & Hadi, S. (2022). Putting global education through transcript based lesson analysis in higher education. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 972-980. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202244

Naryani, A. (2025). The Application of the Discovery Learning Model to Enhance the Analytical Skills and Physics Learning Outcomes of Junior High School Students: Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. COSMOS: Jurnal Ilmu Pendidikan, Ekonomi Dan Teknologi, 2(4), 867–872.

Pratamasari, G., Wahyuni, S., Yusmar, F., Taniati, R., & Bachtiar, R. W. (2025). Literatur Review: Analisis Model Discovery Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa Smp. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 240-250. https://doi.org/10.23969/ jp.v10i02.27661

Purnawati, A., & Yakin, N. (2025). Implementasi Kemampuan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Action Research Journal, 2(2), 107-120.

Pramudiyanti., Karima, M. K., Martha, M. S., Arianingsih, A., Wati, E. K., Anggraini, S. D., Nursanti, A., & Fatonah, P. (2025). Pengembangan LKPD IPAS Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Rotasi Bumi Kelas VI Sekolah Dasar. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(2), 374-386.

Putri, I., & Zuryanty, Z. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SDN 20 Gumarang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2793–2801. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1185

Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93

Rajagukguk, K. P., & Rambe, N. (2022). Pengembangan media interaktif IPA berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(3), 217-226. https://doi.org/10.24114/ esjpgsd.v11i4.30027

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925

Sayangan, Y. V., Martir, L., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757-766. https://doi. org/10.37630/jpm.v14i3.1829

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877

Wuda, H. L., & Anugraheni, I. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning di Tinjau dari Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Masehi Gugus Kalimbukuni. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 482-489.

Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 48–58. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1. p48-58




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v8i1.7538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.