Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di ULD-PT Kota Singkawang

Sry Astati, Abd Basith, Kamaruddin kamaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerimaan orang tua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses penerimaan orang tua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Unit Layanan Disabilitas dan Pendidikan Transisi (ULD-PT) Kota Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian  fenomenologi. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik “purposive sampling”, dengan jumlah subjek 6 orang. Adapun teknik yang digunakan yaitu wawancara dan observasi, instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman, untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan orang tua di ULD-PT kota Singkawang sudah dapat menerima anak berkebutuhan khusus dan faktor yang mempengaruhi penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di ULD-PT kota Singkawang yaitu; konsep “anak idaman”, interaksi orang tua dengan tenaga ahli, dukungan sosial, tingkat pendidikan orang tua dan tingkat ekonomi atau kemampuan keuangan keluarga.


Keywords


Keywords : Perimaan orang tua; Anak berkebutuhan khusus; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anjarwati, M.T,DS, A. C., & Pusari, R. W. (2019). Analisis Proses Penerimaan Diri Pada Ibu Terhadap Anak Down Syndrome. In Seminar Nasioal PAUD 2019, 127-134.

Eva, N. (2015). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi Univeritas Negeri Malang.

Faradina, N. (2016). Penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 8-23.

Khasanah, N. (2018). Peran Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Orang Tua Dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Forum Ilmiah, 15(2), (260-266).

Kosasih, H., & Virlia, S. (2016). Gambaran penerimaan orang tua dengan anak retardasi mental di sekolah luar biasa (SLB) C “DG” dan SLB C “SJ”. Psibernetika, 9 (1), 27-36.

Lestari, D. (2021). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Dengan Autisme di Kota Yogyakarta (Studi Kasus Kecamatan Umbulharja, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta) Doctoral Dissertation, Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Marlina, I., Zakso, A., & Supriadi, S. (2022). Penerimaan Orang Tua Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Desa Timpuk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1).

Munisa, M., Lubis, S. I. A., & Nofianti, R. (2022). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa), 16(3), 358-364.

Normasari, E., Fitrianawati, M., & Rofiah, N. H. (2021). Akseptabilitas Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Yogyakarta (studi kasus pada lembaga federasi komunikasi keluarga penyandang disabilitas). WASIS: Jurnal ilmiah pendidikan, 2(2), 133-139.

Rahayu, Y. D. P., & Ahyani, L. N. (2017). Kecerdasan emosi dan dukungan keluarga dengan penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK). Jurnal Psikologi Perseptual, 2(1), 29-47.

Sagita, R. F., Suryawan, A., & Anis, W (2021). Karakteristik Penerimaan Orang Tua Dalam Menghadapi Diagnosis Autisme Anak Characteristic Of Parents’s Acceptance In Getting Child Diagnosis As Autism. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal. 5(2), 186-197.

Santoso, M., Wibhawa., & Ishartono, I. (2019). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Dengan Retardasi Mental. Social Work Jurnal, 8 (1), 31-38.

Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Syapuri, E., & Afriza, R. (2022). Peran orang tua dalam tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus (autisme). Educativo: jurnal pendidikan, 1(2), 559-564.

Tahsa, O. A., & Ekawati, Y. N. (2021). Dukungan sosial keluarga terhadap anak autis dalam menjalani program terapi di pusa layanan autis provinsi jambi: family autistic children in undergoing the therapy program at the pusat layanan autis jambi province. Jurnal psikologi jambi, 6(2), 41-51.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v7i1.5900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.