PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR MELALUI GAME EDUKASI WORDWALL

Edo Yulio Richardo, Siti Kholifah

Abstract


Kemampuan penalaran matematika SMP Torsina III Singkawang masih belum maksimal terkait dengan indicator kemampuan penalaran diperoleh bahwa siswa kesulitan untuk menarik kesimpulan logis, memberikan penjelasan terhadap model, fakta, sifat, hubungan atau pola. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan kemampuan penalaran dan minat belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan Game Edukasi Wordwall. desain penelitian menggunakan quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian seluruh siswa sekolah SMP Torsina III Singkawang. 16 orang kelompok eksperimen (diajar dengan menggunakan Game Edukasi Wordwall) dan 9 orang siswa sebagai kelompok kontrol (yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional). Hasil uji prasyarat data penelitian diperoleh bahwa data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-Gain dan  uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran dan minat belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Game Edukasi Wordwall. Penggunaan Game Edukasi Wordwall. peningkatan kemampuan penalaran matematika sejalan dengan peningkatan minat belajar siswa. Ketika minat belajar siswa meningkat dapat menjadi faktor meningkatnya kemampuan penalaran matematika.

Keywords


Kemampuan Penalaran, Minat belajar, Game Edukasi Wordwall

Full Text:

PDF

References


Alifia Sabila Al-qonita, N. U. (2022). Literature Review : Efektivitas Aplikasi WordwallL Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4 (1), 155-161.

Ariati Chelsi D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis:Systematic Literatur Review. LEMMA:Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75.

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita . Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 2 (1), 103-112 .

Dotutinggi, dkk. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah . Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 3(2), 363-368.

Farah Heniati Santosa, H. R. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa . Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3 (1) , 62-70 .

Hendrawan, dkk. (2022). Pandangan Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Digital pada Pembelajaran Matematika. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 395-404.

Kadarisma, dkk. (2019). Pengaruh Minat Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP . Jurnal BSIS, 2(1), 121-128.

Konita, dkk (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 611-615.

Krisnawati Sriwahyuni, I. M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika . Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 341.

Maulidya, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Purwokerto: CV IRDH.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar.

Oktavia, dkk . (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelas Rendah . DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 153-158.

Prastowo, R. I. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33-41.

R. . Hake, “Analyzing Change/Gain Score,” 1999.

Rini Sri Putri, M. S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 334.

Shofiya Launin, W. N. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV . JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 216-223.

Sholihah, dkk. (2022). Analyzing Student's Mathematical Reasoning from The Perspective of Learning Interest. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 15(2) , 157-166.

Solikhatun Marfu’aha, ,. Z. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa . PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 50-54.

Suparman, A. J. (2021). Male and Female Student's Mathematical Reasoning Skils In Solving Trigonometry Problems. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 14(1), 34-52.

Vebrian, dkk . (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Konstektual . Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (4), 2602-2614 .

Widya Noor Rohmah, A. S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP . PRISMA, 9 (2), 179-191.

Yuliani, D. (2021). Student's Mathematics Reasoning Ability from Learning Interest of Students at SMPN 16 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Instruksi Matematika, 2(2), 62-74.

YuZhonggen. (2019). A Meta-Analysis of Use of Serious Games in Education over a Decade. Hindawi International Journal of Computer Games Technology , 1-8.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v6i2.5178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.