ANALISA DAN EVALUASI PELAKSANAAN PENGISIAN SISTEM SELF-ASSESSMENT REPORT (SAR) PENDIDIKAN TINGGI MENGGUNAKAN ANALISA KRUSKAL WALLIS
Abstract
Analisa dan evaluasi pelaksanaan pengisian Self-Assessment Report (SAR) pendidikan tinggi telah dilaksakanan, dengan kasus pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengisian SAR secara tepat waktu yang berdampak pada penjaminan mutu internal pendidikan tinggi. Pengisian target dan evaluasi SAR dilakukan sistemik oleh tim mutu dari level manajemen berjenjang sampai dosen, merupakan penerapan Penetapan - Pelaksanaan– Evaluasi – Pengendalian – Peningkatan (PPEPP) standar pembelajaran. Evaluasi dan analisa dilakukan untuk pengisian SAR tiga tahun dan hasil survey pengukuran persepsi, pemahaman serta pelaksanaan SAR dengan analisa kualitatif, kruskal wallis dan pareto. Dari analisa kualitatif, sebagian besar dosen paham terhadap SAR dan tidak mengalami kendala dalam pelaksanaan. Analisa kruskal wallis menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman dan informasi pada level manajemen dan dosen. Dapat disimpulkan faktor terbesar dalam pengisian SAR secara tepat waktu adalah informasi sistem dan pengingat serta koordinasi yang baik pada semua level manajemen mutu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, S., & Edmett, A. (2019). Developing a self-assessment tool for English language teachers. Language Teaching Research, 23(5), 655–679. https://doi.org/10.1177/1362168817752543
Brown, H. D. (2007). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy (3rd ed.). White Plains, NY: Longman.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2011). Research Methods in Education (7th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203720967
Du Toit, M. 2003. IRT from SSi: BilogMG, Multilog, Parscale, Testfact. Lincolnwood: SSi.
Gaspersz Vincent, (2005) Total Quality Management, Jakarta PT Gramedia Pustaka Utama
Kantor Penjaminan Mutu ITS. (2020). Instrumen Survey SAR (Penjaminan Pelaksanaan Proses Pembelajaran Mata Kuliah).
Kantor Penjaminan Mutu ITS. (2022). Panduan SAR (Self-Assessment Report) ITS.
Kantor Penjaminan Mutu ITS. (2023). Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal ITS. 10.12.1.1.
Kantor Penjaminan Mutu ITS, (2017). Manual PPEPP Standar Pendidikan.
Kemendikbud RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Kemenristekdikti, R. (2016). Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 62 tahun 2016.
Rektor ITS. (2017). Peraturan Rektor ITS nomor 15 Tahun 2017 Tentang Tata Kerja Penjamin Mutu ITS.
Rektor ITS. (2019). Peraturan Rektor ITS nomor 26 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretaris Institut Direktorat Biro Kantor Perpusatakaan dan Unit di Lingkungan ITS.
Retnawati, H. (2015). Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert dan Pilihan Ganda untuk Mengukur Self-Regulated Learning. 45.
Septianingtyas, Rina, 2016, Kajian uji F dan uji Kruskall Wallis dalam analisis ragam satu arah.repository Universitas Jembar
Siregar, Syofian. (2015). Statistik Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono, (2011) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan RD, Alfabeta
Tisnowati, Hubies, & Hardjomidjojo. (2008). Analisis Pengendalian Mutu Produksi Roti (Kasus PT. AC, Tangerang) Jurnal MPI, 3(1), 51–61
UU RI. (2012). Undang Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.
Weimer, M. (2013). Six steps to making positive changes to your teaching. Faculty Focus. Magna Publications.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v6i2.4818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY