Permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Upaya dalam Menghadapi Era Society 5.0 pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Sri Nurjanah, Siti Halidjah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan permasalahan pendidikan yang muncul ketika pembelajaran bahasa Indonesia dan langkah-langkah yang diambil untuk menghadapi tantangan era Society 5.0. Analisis ini bertujuan untuk membahas tantangan yang dihadapi guru sekolah dasar di era Society 5.0, pentingnya pengajaran bahasa Indonesia, dan menyusun rencana pendidikan bahasa Indonesia untuk mengatasi kesulitan pengajaran di era Society 5.0. Tantangan pengajaran bahasa Indonesia di setiap tingkat kelas berbeda-beda, dan persyaratannya pun berbeda-beda. Oleh karena itu, mencari solusi terhadap tantangan pembelajaran bahasa Indonesia perlu dilakukan penyesuaian pendekatan untuk memenuhi kebutuhan setiap jenjang pendidikan. Temuannya menunjukkan bahwa rencana pengajaran harus didasarkan pada seperangkat prinsip yang mencakup perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau modul pengajaran, pembuatan media dan sumber pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif, dan penyusunan strategi proses evaluasi pengajaran bahasa Indonesia. Untuk merencanakan pengajaran bahasa Indonesia dan mempersiapkan peserta didik  menghadapi era Society 5.0, perlu bagi guru untuk memasukkan berbagai model, strategi, dan teknik pembelajaran sebagai solusi pembelajaran yang inovatif untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Keywords


Masalah Pembelajaran Bahasa Indonesia; upaya menghadapi era society 5.0; Peserta didik Dasar

Full Text:

PDF

References


Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Setiyo, Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen. BSKAP Kemendikbudristek.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Laporan BSNP Tahun 2010. Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.

Juliadilla, R. (2022). Laporan Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Komite Pembelajaran-Pembelajaran Paradigma Baru/Kurikulum Merdeka. E-Repository Dosen Universitas Gajayana Malang.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950

Kemendikbud. (2021). MODUL AJAR. Kemendikbudristek.

Muslich, M., & Oka, I. G. N. (2012). Perencanaan Pendidikan : Suatu Pedoman Praktis. Bumi Aksara.

Nurdiyana, T, ., & Indriyani, P, D, . (2021). Media Pembelajaran Berbasis Android dalam seni kolaborasi. Jejak Pustaka.

Pujiriyanto. (2019). MODUL 2 “Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21.” In Modul 2 PPG.

Sari, F, I. ., Sunedar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.

Satria, R., Adiprima, P., Harjatanaya, K. S., & Yani, W. T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. BSKAP Kemendikbudristek.

Sujarwo, S. (2006). Reorientasi Pengembangan Pendidikan di Era Global. Dinamika Pendidikan, 13(2).

Sukarno. (2012). Pembelajaran Bahasa Yang Mencerdaskan. WIDYATAMA, Vol 21, No 2 (2012): WIDYATAMA. http://ejurnal.veteranbantara.ac.id/index.php/widyatama/article/view/156

Talibo, I. W. (2013). Perencanaan Pendidikan : Suatu Pedoman Praktis (kusnan (ed.)). STAIN Manado Press.

Wahyuni, S., & Ibrahim , S, A. (2012). asesmen pembelajaran bahasa. Refika Aditama.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v7i1.4770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.