PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS KARAKTER PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang belum bervariasi yang membuat proses pembelajaran kurang menarik perhatian siswa terutama materi ekosistem pembelajaran IPA. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan e-modul flipbook berbasis karakter pada materi ekosistem kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul flipbook berbasis karakter pada materi ekosistem kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck dengan 3 fase, yaitu 1) fase analisis kebutuhan, 2) fase desain, dan 3) fase pengembangan dan implementasi. Kevalidan e-modul flipbook berbasis karakter dinilai oleh tiga ahli pada tahap expert review yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil analisis dari penilaian para ahli yaitu rata-rata 90% dengan kriteria sangat valid berdasarkan data angket. Untuk kepraktisan diperoleh dari respon siswa pada tahap one-to-one memperoleh nilai rata-rata 93% dengan kategori sangat praktis, dan pada tahap small group memperoleh nilai rata-rata 98% dengan kategori sangat praktis berdasarkan data angket. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-modul flipbook berbasis karakter termasuk ke dalam kategori sangat valid dan sangat praktis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam Pendidikan khususnya sekolah dan guru dan juga peneliti dapat menjadi rujukan dan penelitian lanjutan, yaitu efektivitas dari produk tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisa, Faudiah, N. F., & Murjainah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Scrapbook Tema Peristiwa dalam Kehidupan untuk Kelas V di Sekolah Dasar. Journal of Social Science Research , 2 (1), 244-251.
Annisah, S., Hakim, A., & Anwar, C. R. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pendidikan Karakter Bertema Budaya Sipakatau' Berbasis Luring di SD Negeri 48 Lappae. JETCLC , 1 (1), 1-8.
Badiro, D., Syuhendri, & Fathurrohman, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Berbasis Teori Perubahan Konseptual Materi Tata Surya dan Fase Bulan Mata Kuliah IPBA. JIPF , 6 (1), 103-113.
Cholifah, T. N., & Muslihasari, A. (2022). Pengembangan Digital Flipbook Berbasis Dolanan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan pada Era Covid-19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar , 6 (2), 149-158.
Depitra, A. A., Popiyanto, Y., & Suryandari, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Ekosistem Siswa Kelas V SD Raden Fatah Surabaya. JPDSH , 1 (9), 2001-2008.
Ferdiansyah, H., Haling, A., & Nurhikmah. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling , 3 (2), 148-155.
Fitriani, M., & Arwin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Growtopia Powerpoint pada Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keberagaman Budaya negeriku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5 (1), 1240-1247.
Heryanto, A., & Firmansyah, D. (2020). Transposisi TTI (Transfer, Translation, Imitate) dalam Pembelajaran Notasi Musik Melalui Score Creator). SINTAKARA , V (2), 1-8.
Magdalena, I., Septiarini, A. A., & Nurhalizah, S. (2020). Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat. Pendidikan dan Ilmu Sosial , 2 (2), 241-265.
Melawati, D., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Modul Bebasis Etnosains pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD , 10 (04), 709-722.
Mevia, S. M., Murjainah, & Ayurachmawati, P. (2022). Pengembangan Digital Scrapbook Berbantuan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Geography , 10 (2), 169-183.
Muqdamaien, B., Umayah, Juhri, & Raraswasty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model pada Penelitian R&D Alat Peraga Edukasi Ular Tangga untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intersections , 6 (1), 23-33.
Ningrum, D. S., Ratnaningsih, A., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan E-Modul Bebasis Problem Solving dan Karakter Kelas V Peristiwa dalam Kehidupan di SD Negeri Kliwon. Journal On Teacher Education , 4 (2), 265-280.
Qolbuani, L., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. (2022). Pengembangan E-Modul pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kelas V SD Negeri 27 Ampena. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan , 7 (4), 2342-2350.
Rahmawati, T. I., Fajriyah, K., & Soegeng Ysh, A. (2022). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Jepara Tema 8 Subtema 3 Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang , 08 (01), 647-658.
Ramadhanty, M. F., Akhsan, H., & Marlina, L. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Multi Representasi Bagi Siswa SMA yang Valid dan Praktis. Redesain , 43-51.
Reizal, H., Agustiningsih, & Hutama, S. F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Infografis pada Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH , 5 (2), 54-65.
Rizky, N., Fuadiah, F. N., & Murjainah. (2022). Pengembangan Media Puzzle Peta Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Materi Kondisi Geografi Indonesia Kelas V SD. IRJI , 2 (3).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugma, A. R., & Azhar, P. C. (2021). Pembuatan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter Materi Ekosistem Untuk Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Stabat. Bina Gogik , 8 (2), 155-164.
Sulasmiwati, I., Astuti, I., & Wicaksono, L. (2022). Pengembangan Animasi Pendidikan karakter Peduli Lingkungan di Taman Kanak-Kanak. JERR , 5 (2), 101-112.
Yunanto, H. A., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Kontekstual Materi Ekosistem Muatan Pelajaran IPA Kelas V. JIME , 8 (3), 2068-2074.
Zahra, F., Sholeha, M., & Ibtihal, K. A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPA di SD. JSH , 5 (2), 215-221.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v6i2.4607
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY