ANALISIS KEMAMPUAN KOMPUTASIONAL MAHASISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Mariani Dian, Ana Easti Rahayu Maya Sari, Gregoria Ariyanti

Abstract


Pembelajaran matematika seharusnya berfokus pada proses penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa. Kemampuan matematika sendiri berkembang melalui korespondensi antara pemikiran rasional dan logika. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kombinasi dari proses berpikir komputasional dan matematika. Empat praktik esensial yang dilakukan mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan CT adalah abstraksi, dekomposisi, debugging dan menentukan pola. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi secara langsung, observasi lembar kerja dan latihan mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa baik melalui observasi dan latihan mandiri, empat praktik CT terlihat pada tiap mahasiswa. Akan tetapi hanya satu mahasiswa yang melakukan keempat proses tersebut dengan optimal. Keenam mahasiswa lainnya menunjukkan hasil praktik yang masih kurang optimal, sehingga perlu diarahkan secara intens kedepannya untuk hasil yang lebih optimal. Hal ini memperlihatkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran sebenarnya mahasiswa memiliki potensi untuk mengembangkan kemampuan berpikir komputasional, karena keempat praktik ini terlihat, walaupun sebagian besar kurang optimal. Oleh sebab itu, kedepannya perlu ada tindak lanjut, salah satunya dalam desain kegiatan pembelajaran yang mampu membuat mahasiswa terlibat dalam keempat praktik esensial pengembangan kemampuan komputasional.

Keywords


Berpikir Komputasional; Trigonometri; Kegiatan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Aho, A. (2012). Computational and Computational Thinking. The Computer Journal, 24(7), 815-845.

Barcelos, T. d. (2018). Mathematics Learning Through Computational Thinking Activities: A Systematic Literature Review. Journal of Universal Computer Science, 24(7), 815-845.

Cropley, A. (2022). Introduction to Qualitative Research Methods: A Practice-Oriented Introduction for Students of Psychology and Education. Hamburg: University of Hamburg.

Dian, M. (2020). Aspek-Aspek Kemampuan Berpikir Komputasional dalam Penyelesaian Masalah Matematika. Widya Warta, 3: 147-153.

Ernest, P. (2016). An Overview of the Philosophy of Mathematics Education. In P. Ernest, O. Skovsmose, J. P. Bendegem, M. Bicudo, R. Miarka, L. Kvasz, et al., The Philosophy of Mathematics Education (pp. 3-8). Switzerland: Springer Open.

Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking in K-12: A Review of The State of The Field. Educational Researcher, 42(1), 38-43.

Hausberger, T. (2020). Abstract Algebra Teaching and Learning. In S. Lerman, Encyclopedia of Mathematics Education: Second Edition (pp. 5-8). London: Springer Reference.

Karsenty, R. (2020). Mathematical Ability. In S. Lerman, Encyclopedia of Mathematics Education (Second Edition) (pp. 494-497). London: Springer Reference.

Lee, I. (2016). Reclaiming The Roots of CT. CTSA Voice-Special Issue on Computational Thinking, 12(1), 3-5.

Lee, I., Grover, S., Pillai, S., & Smith, J. M. (2019). Computational Thinking from A Disciplinary Perspective: Integrating Computational Thinking in K-12 Science, Technology, Engineering, and Mathematics Education. Journal of Science Education and Technology, https://doi.org/10.1007/s10956-019-09803-w.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. (2018). Students Problem Solving Ability Based on Realistic Mathematics with Ethnomathematics. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1): 13-24.

Rich, K. M., Yadav, A., & Larimore, R. A. (2020). Teacher Implementation Profiles for Integrating Computational Thinking Into Elementary Mathematics and Science Instruction. Education and Information Technologies, https://doi.org/10.1007/s10639-020-10115-5.

Tang, X., & dkk. (2020). Assesing Computational Thinking: A Systematic Review of Empirical Studies. Computers & Education, 148 (2020)103798.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v6i1.4409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.