ANALISIS RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH PRAKTIK PERPAJAKAN (STUDI KASUS PADA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO)

Achmad Wicaksono

Abstract


Riset ini disusun dengan fokus pada pembelajaran daring yang berlangsung pada mata kuliah praktik perpajakan di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Tujuan riset  adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata kuliah praktik perpajakan. Riset disusun menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kuesioner secara online melalui google form. Hasil riset menunjukkan jika mayoritas mahasiswa prodi akuntansi merasa pembelajaran daring pada mata kuliah praktik perpajakan tidak berlangsung secara efektif dan efisien meskipun kebutuhan akan keilmuan mata kuliah yang ditempuh telah terpenuhi. Hal ini terjadi sebagai akibat dari kelemahan yang muncul pada sistem pembelajaran secara daring. 


Keywords


Respon Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Full Text:

PDF

References


Adu, A.A., & Mas’amah. (2021). Pemetaan Kematian Akibat Covid 19 Berdasarkan Variabel Epidemiologi. Jurnal Kajian Veteriner, 9(3), 194-202.

Aeni, N. (2021). Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial. Jurnal Litbang, 17(1), 17-34.

Akhmad, N. A. (2020). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Di Prodi Biologi Stkip Pi Makassar. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(2), 62-65.

Apriliana, S.M., & Sukmawati, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN Lumpang 01. Elementary School, 8(2), 329-335.

Arlavinda, V., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 45-54.

Camacho, C.H., Escudero, G.I., Villacis, W., & Varela, K. (2021). The Effects of Online Learning on EFL Students’ Academic Achievement during Coronavirus Disease Pandemic. European Journal of Educational Research, 10(4), 1867-1879.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of Covid-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.

Fuadi, T. M., & Irdalisa. (2020). Covid 19: Antara Angka Kematian dan Angka Kelahiran. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 1(3), 199-211.

Ilpaj, S.M., & Nurmawati, N. (2020). Analisis Pengaruh Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 16-28.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Masruro, U. ., Surur, M. ., & Munawwir, Z. . (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Pemahaman Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19 Prodi Pendidikan Ekonomi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4720–4727.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155–165

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29-38.

Putria, H., Maula, L.H., & Uswatun, D.A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). 6(1), 214–224.

Sholichin, M. ., Zulyusri, Z., Lufri, L., & Razak, A. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir. BIODIK, 7(2), 163-168.

Wulandini, P., Fitri, A., & Ilham, M.R.R. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku 3M Pencegahan Covid-19 Pada Ibu PKK Di Desa Rambah Hilir Timur Tahun 2021. Al-Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences), 10(1), 6-15.

Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(1), 8-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.