PENGEMBANGAN ANIMASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Indah Sulasmiwati, Indri Astuti, Luhur Wicaksono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan animasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Taman Kanak-Kanak. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE pada penelitian ini, dilaksanakan melalui tahap-tahap (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Penelitian dilaksanakan di TK Negeri 01 Delta Pawan Kabupaten Ketapang dengan partisipan 30 orang siswa dan enam orang validator ahli desain multimedia, ahli media, dan ahli materi. Data dari instrumen kuesioner dan skala sikap dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Secara keseluruhan, dari hasil analisis data (dalam rentang nilai 1-5) desain animasi dinyatakan “sangat layak” dengan rata-rata 4,4. Demikian pun analisis data uji empiris dengan prosedur uji perorangan, kelompok kecil, dan uji lapangan pada 30 siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri 01 delta Pawan Kabupaten Ketapang, menunjukkan respon siswa “senang” menggunakan animasi pendidikan karakter peduli lingkungan dengan rata-rata 0,68 dalam nilai 0.5 < 𝑥̅ ⩽ 1. Adapun uji efektivitas multimedia dengan kriteria respon siswa terhadap animasi dan nilai pretreatment dan post-treatment yang melibatkan 30 orang siswa ternyata terdapat perbedaan yang signifikan dengan 𝑡𝑜 ≥ 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, yaitu 4,79 ≥ 2,045. Dengan bukti-bukti tersebut, maka animasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Taman Kanak-Kanak dapat diterapkan untuk materi yang relevan pada pendidikan karakter peduli lingkungan.

Keywords


animasi, pendidikan karakter, peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References


Adegoke, B. A. (2011). Effect of multimedia instruction on senior secondary school students’ achievement in physics. European Journal of Educational Studies. 3(3). 537-550. Tersedia pada http://www.ozelacademy.com.

Amri, Choirul & Widyantoro, Wahyu. (2017). Pendampingan Pembelajaran Memilah Dan Menempatkan Sampah Pada Tempatnya Sejak Usia Dini Di TK Imbas 1. International Journal of Community Service Learning. Vol.1 (3) pp. 121-126. Diunduh :

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/12598

Asbhurn A, Elizabeth & Floden, Robert E (2006). Meaningful Learning Using Technology What Educators Need to Know and Do. New York: Teachers College Columbia University New York and London

Casey, Laura Baylot & Carter, Stacy L. (2016). Applied Behavior Analysis in Early Childhood Education. New York: Routledge

Irawan, Imas (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Video Animasi 3d Pada Mata Pelajaran Fisika Sma. (Online). Tersedia : file:///C:/Users/Acer%20E5-476G-34HM/Downloads/1381-Article%20Text-2830-1-10-20200817.pdf

Iswantiningtyas, Veny dan Wulansari, Widi (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceeding of The ICECRS, Volume 1 No 3 (2018) 197-204. ISSN. 2548-6160 (Online). Diunduh: https://core.ac.uk/download/pdf/297216166.pdf

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Penerapan Media Video dan Animasi pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1 (1), 8-15.

Kamilah, Siti .(2019). Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun melalui Media Animasi Kartun di TK Setia Kawan Panjang Bandar Lampung. (Online). Diunduh:

http://repository.radenintan.ac.id/9086/1/PERPUS%20PUSAT%20SITI%20KAMILAH.pdf

Kemp, J.E., & Dayton, D.K. (1987). Planning and Producing Instructional Media. New York: Cambridge: Harper & Row Publisher.

Mayer, Richard E (2021). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press

Mering, Alosius. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Miranda, Dian. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. DOI: 10.26418/jvip.v11i2.32565. vol.12 no.2 (2019). (Online). Diunduh: file:///C:/Users/Acer%20E5-476G-34HM/Downloads/32565-75676607744-1-PB.pdf

Muchlas Samani dan Hariyanto (2016), Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdalarya.

Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, Endang (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Reigeluth, Charles M, & Beatty, Brian J & Myers, Rodney D (2017). Instructional-Design Theories And Models, Volume Iv Historicity. The Learner-Centered Paradigm Of Education. New York: Routledge.

Sadiman, Arief S. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Seels, B.B., & Richey, R. (1994). Instructional Technology : The Definition and Domains of The Field. (Terjemahan: Prawiradilaga, D.S., Rahardjo, R., Miarso, Y., dkk). Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Yulianti, Dwi & Rida & Dewanti & Diana (2014). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bermuatan Sains Berwawasan Konservasi. (Online). Vol.31 No.1. Diunduh: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5681




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.