PEMANFAATAN APLIKASI MATH CITY MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Rinda Kusmayanti

Abstract


Matematika meski telah dipelajari sejak permulaan belajar di kelas satu Sekolah Dasar tetaplah menjadi pelajaran yang merupakan momok bagi kebanyakan peserta didik. Cap sebagai pelajaran yang sulit dipahami membuat peserta didik kurang termotivasi untuk belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pemanfaatan aplikasi Math City Map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan membandingkan jurnal yang mendasari penelitian. Luaran penelitian berupa pemanfaatan aplikasi Math City Map yang dapat diakses peserta didik di handphone, dimana peserta didik akan diajak untuk menggunakan aplikasi tersebut sehingga belajar Matematika terasa lebih menyenangkan dan pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik.

Keywords


kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, math city map

Full Text:

PDF

References


Allbalnese, V., & Peralles, F. J. (2015). Enculturaltion with Ethnomalthemalticall Microprojects : From Culture to Malthemaltics. Journall of Malthemaltics & Culture, 9, 1–11.

Altialtul, S., & Algoestalnto, Al. (2019). Kemalmpualn Berpikir Kritis Maltemaltis dallalm Menyelesalikaln Soall Open-Ended Ditinjalu dalri Ralsal Ingin Talhu Siswal paldal PBL-Bertemal Berstraltegi Scalffolding.

Boyd, & Halrper, W. (2000). Malnaljemen Pemalsalraln: Sualtu Pendekaltaln Straltegis dengaln Orientalsi Globall. Jalkalrtal: PT. Geloral Alksalral Praltalmal.

Calhyono, Al. N., & Ludwig, M. (2016). Malth City Malp: Exploring Malthemaltics Alround The City.

th Internaltionall Congress on Malthemalticall Educaltion.

Huzalimalh, P. Z., & Almelial, R. (2021). Halmbaltaln yalng Diallalmi Siswal Dallalm Pembelaljalraln Dalring Maltemaltikal Paldal Malsal Palndemi COVID-19. 05(01), 533–541.

Ismalyal, B. F., Semalralng, U. N., Calhyono, Al. N., & Semalralng, U. N. (2018). Kemalmpualn Penallalraln Maltemaltikal dengaln Malth Tralil Project berbalntualn Kemalmpualn Penallalraln Maltemaltikal dengaln Malth Tralil Project berbalntualn MalthCityMalp. November 2020.

Kalrtiningrum, E. D. (2015). Palndualn Penyusunaln Studi Literaltur. Lembalgal Penelitialn Daln Pengalbdialn Malsyalralkalt Politeknik Kesehaltaln Maljalpalhit, Mojokerto, 1–9.

Megalwalnti, P., Megalwalti, E., & Nurkhalfifalh, S. (2020). Persepsi Pesertal Didik terhaldalp PJJ paldal Malsal Palndemi COVID-19. Jurnall Ilmialh Pendidikaln, 7(2), 75–82.

Miftalhudin. (2015). Tutor Sebalyal dengaln MCM (Malth City Malp) Sebalgali Upalyal Meningkaltkaln Motivalsi daln Kemalmpualn Krealtif Maltemaltis Siswal Kelals VIIIAl SMP N 10 Semalralng Malteri Lingkalraln. Semalralng: SMP N 10 Semalralng.

Perkins, C., & Murphy, E. (2006). Identifying alnd mealsuring individuall engalgement in criticall thinking in online discussions: Aln exploraltory calse study. Educaltionall Technology & Society, 9, 298–307.

Purwalnto, N. (2007). Psikologi Pendidikaln. Balndung: PT. Remaljal Rosdalkalryal.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.