ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN

Buyung Buyung

Abstract


Fokus dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan pada kemampuan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk melihat bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep pada materi himpunan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif atau deskriptif. Kualitatif adalah suatu metode yang difokuskan pada pengamatan secara mendalam sehingga menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih luas dan teliti. Selain itu instrument penelitian yang digunakan adalah berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep pada materi himpunan sudah dapat dikatakan baik terutama dalam menyelesaikan soal yang menyatakan ulang konsep. Selebihnya juga sudah cukup baik untuk ketiga indikator, hanya ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami permasalahan disoal dan kurang ketelitian dalam pengerjaannya disebabkan kurang pemahaman pada konsep.

Keywords


Kemampuan pemahaman konsep, kesulitan belajar

Full Text:

PDF

References


Ardianto, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from

Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52.

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI (Jurnal PembelajaranMatematika Inovatif), 3(1), 11–18.

Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679

Martini, J. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rumasoreng, M. I., & Sugiman. (2014). Analisis Kesulitan Matematika Siswa Sma/Ma Dalam Menyelesaikan Soal Setara UN Di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2661

Rusfendi, E. T. 2009. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sholiha, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis K Esulitan S Iswa Dalam P Roses Pemecahan Masalah. Jurnal “Mosharafa,” 6(2), 287–298

Yusmin, E. (2016). Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Metaethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2119–2136




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.3036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.