PENGARUH PENERAPAN METODE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV SD PADA MATERI SUMBER ENERGI

Sumarli Sumarli, Rini Setyowati, Putri Anggreni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Team Quiz terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas IV SD pada materi sumber energi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 1 Singkawang yang berjumlah 50 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes hasil belajar ranah kognitif siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji-t dua sampel berkorelasi dengan analisis data deskriptif kuantitatif dan uji peningkatan menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan metode Team Quiz dengan hasil π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™Β = 3,574 > 2,010 dan adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah diterapkan metode Team Quiz dalam pembelajaran materi sumber energi sebesar 0,36 dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Team Quiz terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas IV SD pada materi sumber energi.


Keywords


Metode Team Quiz; Hasil Belajar Ranah Kognitif; Sumber Energi

Full Text:

PDF

References


Agustini, C., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz terhadap Keterampilan Berbicara di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 128-139.

Badriah, L. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Melalui Media Gambar Tema Kegemaranku di Kelas II SD Negeri Margoagung Sleman. Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

Hartuti, M., & Handayani. D. E. (2019). Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 di Kelas Rendah. Jurnal of Primary Education, 2(1), 1-8.

Haryaka, U., & Haslidia. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 2, 737-747.

Kusumawardani, C. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Doctoral Dissertation. UIN Raden Intan Lampung.

Kusumawati, N. (2017). Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya dan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Ronowijayan Ponorogo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 26-36.

Lambertus., Ambarsari, M., & Maonde, F. (2016). Pengaruh Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Matetmatika melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 105-124.

Lestari, L. (2017). Pengaruh Strategi Team Quiz terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD 20 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4).

Maisaroh, M., & Rostrieningsih, R. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 7(2), 17197.

Mukhafifah, M., & Khotimah, R.P. (2011). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika melalui Metode Team Quiz dan Learning Cell Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa. Artikel Penelitian. UMS.

Mulyasa, E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2011). Membangun Menara Pendidikan Berkarakter Cerdas.

Saputra, H., & Salimi, A. (2015). Pengaruh Model Kooperatif Team Quiz terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3).

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14-17.

Sudrajat, A. (2008) Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. (Online)(http://smacepiring.wordpress.com).

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Sumarli, S., & Murdani, E. (2015). Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Tutor Sebaya pada Pokok Bahasan Rangkaian Seri-Paralel Hambatan Listrik. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(2), 42-46.

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 283-290.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. Β  : +62562 420 0344
No. Fax. Β  Β : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN :Β 2597-9760

p-ISSN :Β 2597-9752

Editor in Chief: [email protected] /Β [email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher:Β [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

Β  Β  Β 

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and ResearchΒ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.