ANALISIS KESADARAN MASYARAKAT PULAU LINGAYAN TERHADAP PENDIDIKAN

Jepri Utomo

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang melatarbelakangi rendahnya kesadaran masyarakat Pulau Lingayan terhadap pendidikan. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif berbentuk survei dengan  teknik pengumpul data observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter (bibiliografis). Adapun alat pengumpul data yang digunakan berupa observasi, wawancara (interview), dan panduan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kesadaran masyarakat Pulau Lingayan terhadap pendidikan disebabkan oleh faktor: 1) Mindset masyarakat setempat/orang tua peserta didik yang menganggap pendidikan bukan prioritas utama untuk masa depan anak-anaknya. 2) Satu diantara ukuran masyarakat/orang tua dalam menilai anaknya berbakti adalah anak menuruti/bersedia membantu orang tuanya bekerja, meskipun pada saat jam belajar di sekolah sedang berlangsung. 3) Mindset masyarakat/orang tua menganggap bepergian ke pasar adalah hal yang tidak kalah pentingnya dengan kegiatan bekerja. 4) Mayoritas masyarakat yang mendiami Pulau Lingayan berlatarbelakang ekonomi kelas bawah. Mata pencahariaan yang dijalani hanya mencukupi kebutuhan dasar sehari-hari. Mereka cenderung berpola pikir “sudah sangat bersyukur jika bisa makan sehari-hari dan anak-anak bisa calistung (baca, tulis, hitung)”. Sehingga pendidikan tidak menjadi prioritas penting.


Keywords


Kata Kunci: Kesadaran Masyarakat Pulau Lingayan, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Febrianti, Iyan. (2016). Pendidikan Gratis dan Kesadaran Pendidikan pada Masyarakat di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi FIS UNM. Vol 3, edisi 2. https://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2373. Diakses pada tanggal 21 Juni 2021.

Herdiansyah, Haris. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Ladaria, H. Yessi. (2020). Kajian Sosiologi tentang Tingkat Kesadaran Pendidikan pada Masyarakat Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Holistik: Journal of Social and Culture. Vol 13, no 2. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/29334. Diakses pada tanggal 21 Juni 2021.

Maunah, Binti. (2016). Pendidkan dalam Perspektif Struktural Fungsional. Jurnal Cendekia. Vol 10, no 2, web: cendekia.pusatbahasa.or.id. Diakses pada tanggal 22 Juni 2021.

Nurjamilah, Lelah dan Ukhrotunnasihah. (2018). Rendahnya Kesadaran Masyarakat terhadap Pendidikan di Desa Tegallega. Thoriqotuna: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 1, no 2. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/issue/view/12. Diakses pada tanggal 21 Juni 2021.

Peraturan Presiden RI Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar.

Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 BAB II Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.