PENINGKATAN KEBERANIAN DENGAN STRATEGI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Marlinda Fitriyani

Abstract


Keberanian belajar matematika terdapat beberapa indikator. Indikator-indikator tersebut antara lain : a) mau mencoba hal-hal yang baru, b) mau mengemukakan pendapat, c) mampu mengendalikan rasa takut, d) mau menghadapi tantangan. Keberanian merupakan kemampuan mengendalikan situasi untuk bertanya dan menjawab, sehingga meraih hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan keberanian matematika bagi siswa SMP Negeri 3 Colomadu kelas IX F semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi pembelajaran Team Assisted Individualization. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I dan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keberanian siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa mampu mencoba hal-hal baru sebelum tindakan 16,21%, siklus I 45,16%, dan siklus II 67,74%, 2) siswa mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan 22,58%, siklus I 51,61%, dan siklus II 77,41%, 3) siswa mampu mengendalikan rasa takut sebelum tindakan 19,35%, siklus I 58,06%, dan siklus II 74,19% 4) siswa mampu menghadapi tantangan dengan menjawab soal sebelum tindakan 22,58%, siklus I 54,83%, dan siklus II 80,64% dan siswa yang nilainya tuntas KKM sebelum tindakan 19,35%, siklus I 61,29%, dan siklus II 83,87%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Team Assisted Individualization dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keberanian siswa dalam pembelajaran matematika

Keywords


keberanian, team assisted individualization

Full Text:

PDF

References


Folley, Regina M. 2001. “Karakteristik Akademik Pemuda dan Pendidikan Pemasyarakatan”. Jurnal Emosional dan Perilaku. 248-259

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Depdiknas, Jakarta

Sutama. 2010. Penelitian Tindakan. Semarang: CV Citra Mandiri Utama.

Sutama. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media

Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.