PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran (metode inkuiri dan metode ekspositori) dan tingkat percaya diri terhadap keterampilan berbicara Inggris siswa kelas I SMK Negeri 3 Singkawang.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2 x 2. Pengukuran variabel keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan tes lisan dan tingkat percaya diri menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan Uji Tukey untuk melihat interaksi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, keterampilan berbicara bahasa inggris kelompok siswa yang belajar dengan metode Inkuiri lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode ekspositori. Kedua, keterampilan berbicara bahasa inggris pada kelompok siswa yang memiliki tingkat percaya diri tinggi yang belajar dengan metode Inkuiri lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode ekspositori. Ketiga, keterampilan berbicara bahasa Inggris pada kelompok siswa yang memiliki tingkat percaya diri rendah yang belajar dengan metode ekspositori lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode inkuiri. Keempat, terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran (Metode inkuiri dan metode ekspositori) dan tingkat percaya diri terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bonvillain, Nancy, Language, Culture, and Communication: The meaning of Messages-4th ed, New Jersey: Pearson Education, Inc, 2003
Brown, H.Douglas (2021), Teaching by principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, Second Edition, SanFrancisco State University: Addison Wesley Longman, Inc
Brown, H.Douglas, Teaching by principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, Second Edition, SanFrancisco State University: Addison Wesley Longman, Inc, 2001.
Buyung, B., & Dwijanto, D. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 112-119.
Collins, Nigel (1989), New Teaching Skill, Great Britain: Oxford University Press,
Cruikshank, R.Donald, Jenkins Bainer Deborah, Metcalf K.Kim, The Act of Teaching: 4th ed, New York: McGraw-Hill, 2006.
Maili, S. N., & Passandaran, Y. M. (2020). PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MTs NURUSSAADAH POLTANGAN JAKARTA SELATAN. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 8(2), 141-148
Moore, Kenneth D., (2005). Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice, London: Sage Publication.
Nugraha, A dan Ratnawati, N, (2003). Kiat Merangsang Kecerdasan Anak, Jakarta: Puspa swara
PRASOJO, W. A., MUDIAN, D., & HARIS, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas XI Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK Negeri 2 Subang. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 4(02), 81-88.
Sanjaya (2007) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Song, Y & Looi, K., 2012. Lingking teacher beliefs, practices and student inguirybased learning in a CSCL environment: A tale of two teacher. Computer-Supported Collaborative Learning.7:129–159. DOI 10.1007/s11412-011-9133-9.
Uno, B.Hamzah (2008) Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Menyenangkan, Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY