PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ANTOLOGI PUISI MENGGUNAKAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC SISWA KELAS X SMK MUDITA SINGKAWANG

Zulfahita Zulfahita, Hairunnisa Hairunnisa

Abstract


Penelitian ini didasari oleh rendahnya nilai ketuntasan siswa dalam pembelajaran menyimak. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran menyimak serta kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kesulitan untuk mencapai tujuan menyimak. Selanjutnya materi ini difokuskan pada materi menyimak puisi melalui model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan bentuk kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan. Perencanaan pembelajaran siklus I meliputi merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan model pembelajaran, memilih materi, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dan pedoman penilaian. Pada siklus II, perencanaan yang dilakukan sebagian besar sama dengan siklus I. Hasil perencanaan siklus I sebesar 73,21% dan siklus II sebesar 98,21%. Hasil pelaksanaan siklus I sebesar 76,47% dan siklus II sebesar 94,11%. Nilai pengamatan sikap spritual siswa siklus I sebesar 75,46% dan siklus II 90,04%. Nilai sikap sosial siswa siklus I sebesar 70,23% dan siklus II sebesar 89,38%. Berdasarkan nilai hasil siswa dalam menganalisis antologi puisi diperoleh persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 72,22% dan siklus II meningkat menjadi 88,89%. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis antologi puisi.

Keywords


Antologi Puisi, Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic

Full Text:

PDF

References


Boediono dan Wayan Koster. 2002. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabalitas. Bandung: Rosda Karya.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Modeldan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.Bogor: Ghalia Indonesia

Mahmud, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2012. Penerapan Strategi Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumarni, Sri. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Insan Madani.

Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Penerbit Angkasa.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuliawati, Fitri. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta: Pedagogia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.