HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN OPTIMISME MASA DEPAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KESEHATAN SMKN 9 KOTA TANGERANG

Ary Nurmalasari, Rizki Isfahani

Abstract


Motivasi belajar pada siswa SMKN 9 Kota Tangerang dengan 40 siswa menyatakan bahwa (62,5%) siswa kesulitan belajar bahasa inggris dan (55%) siswa bosan dengan pelajaran bahasa inggris, (50%) siswa masih meragukan kemampuannya untuk berhasil dimasa depan, (32,5%) siswa tidak percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan optimisme masa depan dengan prestasi belajar. Desain penelitian metode Depkriptif korelasi, menggunakan pendekatan cross sectional, populasi pada penelitian ini siswa kelas XI di SMKN 9 Kota Tangerang yang berjumlah 260 populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposionate stratified random sampling. Sampel penelitian sebanyak 158 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan prestasi belajar menggunakan (PAS) genap 2019-2020. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan analisis bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar P-value 0,001 ≤ 0,05. Sedangkan optimisme masa depan dengan prestasi belajar terdapat hubungan dengan P- value 0,013 ≤ 0,05.


Keywords


Motivasi belajar, optimisme masa depan, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ardiana, Titin Eka, (2017), Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun, 17(2), 14-23.

Donsu, J. D. (2017). Psikologi Keperawatan Aspek-Aspek Psikologi Konsep Dasar Psikologi Teori Perilaku Manusia.

Dwik. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Kelompok Mata Kuliah Keahlian Akuntansi. 2(1).

Kurniati, L., & Fakhruddin, A. U. (2018). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Optimis Dan Pesimis Siswa Sma. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.22

Prayitno, Siswoto Hadi, & Ayu, Sylene Meilita. (2017). Hubungan optimisme masa depan dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mata ajar bahasa inggris mahasiswa semester 1 prodi di keperawatan rustida tahun ajaran 2016-2017. 13(2), 80–95.

Rokhim, A. R. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Optimisme Masa Depan Pada Mahasiswa Program Twinning Di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sari, & Kadri. (2018). Pengaruh Model Group Investigation Terhadap Pengetahuan Konseptual Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas XI Smk Muhammadiyah 8 Medan. 7(2), 77–83.

Islamadina, E. F. & Yulianti, A. (2016). Persepsi terhadap dukungan orangtua dan kesulitan pengambilan keputusan karir pada remaja. Jurnal Psikologi, 12(1), 33-38.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

UNESCO. (2012). Monitoring and Evaluation Guidance For School Health : Eigth indicators to support FRESH. UNESCO-WHO

Yurni. (2013). Hubungan antara Regulasi Diri dalam Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNBARI. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 13(4), 19–23




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.