PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI LINEAR

Issu Putra, Nindy Citroresmi P, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, ketuntasan, dan aktivitas belajar siswa saat pembelajaran dengan model SAVI pada materi fungsi linear kelas X SMA Negeri 2 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan rancangan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMA Negeri 2 Singkawang yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 184 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas X. IIS-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X. IIS-3 sebagai kelas control. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran SAVI; 2) terdapat perbedaan secara signifikan antara peningkatan kemampuan komunikasi siswa pada materi fungsi linear antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran SAVI dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung; 3) hasil belajar siswa tercapai (mencapai KKM 70) baik secara individual maupun klasikal dengan diterapkan model pembelajaran SAVI; 4) aktivitas belajar siswa menjadi tergolong aktif setelah diterapkan model pembelajaran SAVI.

Keywords


Model Pembelajaran SAVI, Kemampuan Komunikasi Matematis, Aktivitas siswa

Full Text:

PDF

References


Asikin, M. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Jurnal, 2(1): 203- 213.

Astuti. (2002). Menyimak. Jakarta: Depdikbud.

Ayu, K. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal, 15 (1), 2020, 13-23.

Citroresmi, P. Khotimah, N. Utami, C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI, 3(1): 15-20

Haerudin. (2013). Pengaruh Pedekatan SAVI Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika serta Kemamdirian Belajar Ssiwa SMP, Jurnal. STKIP Siliwangi Bandung, Vol 20, No.2. 2013, hal 189

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani, S., (2009), Metode Ekstraksi, https://www.scribd.com/doc/232424431/Metoda-Ekstraksi , (diakses 10 February 2019)

Hendriana. & Soemarno., (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Herman, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UNM.

Mar’atus, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.Jurnal PGSD. 2(1): 52-62.

National Council Teachers Mathematic. (2000). Principles and standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI. 2(1): 13-18.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Viseu, Floriano., & Oliveira. (2012). “Open-ended Tasks in the Promotion of Classroom Communication in Mathematics”. International Electronic Journal of Elementary Education, Vol 4 No 2: 287-300.

Zainudin, T. (2017). Pengaruh Pendekatan SAVI Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII MTs Putra Narmada. Jurnal. 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.