PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Q., Lesmono, A. D., & Wahyuni, S. (2018). Hasil Belajar, Minat Dan Kreativitas Siswa Sma Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7218
Alatas, F. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, 6(1), 88–96.
Anderson, W.L., & Krathwohl, D. R. (2010). Pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Pustaka Pelajar. YOGYAKARTA: PUSTAKA
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2008). How To Design And Evaluate Research In Education (Seventh). ELVIRA, cv.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 129. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303
Iman, R., Khaldun, I., & Nasrullah, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 52-58.
Ma'rifa, Kamaluddin, H. & Fihrin, H. (2013). Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 4(3) :1-3
Mariana, N. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY (LoI) PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMP SATU ATAP. PendidikanIndonesiarepository.upi.
Muliyani, R. (2018). Signifikansi Discovery Learning Vs Guided Discovery Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(1).
Permendikbud. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016. 62(1), 27–40.
Pratiwi, L., & Handayani, L. (2012). Efektivitas model pembelajaran eksperimen inkuiri terbimbing berbantuan my own dictionary untuk meningkatkan penguasaan konsep dan unjuk kerja siswa SMP RSBI. Unnes Science Education Journal, 1(2).
Restami, P. M,. Suma, K. & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap ailmiah Ditinjau dari GAya Belajar Siswa. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1) :1-11
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 194–204.
SUCIPTA, A. A. G. N., Suastra, I. W., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292
Susana, E. S. H. & Sriyansyah. (2015). Analisis Didaktis Berdasarkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF). l(2), 39-44
The George Lucas Educational Foundation 2007. How Does Project Based Learning Work. http://www.edupotia.org/project-based-learning-guide-implementation. (diakses 3 juli 2020)
Uno, Hamzah B. (2019). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY