PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Sonia Sonia, Yudi Kurniawan, Riski Muliyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan aspek pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi suhu dan kalor. Penelitian menggunakan metode weak-experiment design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII disalah satu MTS Singkawang dengan teknik pengambilan sampel berupa teknik cluster sampling. Penelitian dilakukan di kelas VII H yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep objektif 18 pilihan ganda. Penelitian ini menemukan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan disemua aspek. Peningkatan nilai tertinggi terdapat pada aspek pemahaman konsep menafsirkan yang nilai N-gain-nya sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Pada aspek mencontohkan sebesar 0,5 dengan kategori sedang, aspek mengklasifikasikan sebesar 0,4 dengan kategori sedang, aspek menyimpulkan sebesar 0,6 dengan kategori sedang, aspek membandingkan sebesar 0,3 dengan kategori sedang, dan nilai terendah terdapat pada aspek menjelaskan  yang nilai N-gain-nya sebesar 0,2 dengan kategori rendah. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor.

Keywords


Kata Kunci : Project Based Learning (PjBL), Pemahaman Konsep Siswa, Suhu dan Kalor

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., Lesmono, A. D., & Wahyuni, S. (2018). Hasil Belajar, Minat Dan Kreativitas Siswa Sma Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7218

Alatas, F. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, 6(1), 88–96.

Anderson, W.L., & Krathwohl, D. R. (2010). Pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Pustaka Pelajar. YOGYAKARTA: PUSTAKA

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2008). How To Design And Evaluate Research In Education (Seventh). ELVIRA, cv.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 129. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303

Iman, R., Khaldun, I., & Nasrullah, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 52-58.

Ma'rifa, Kamaluddin, H. & Fihrin, H. (2013). Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 4(3) :1-3

Mariana, N. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY (LoI) PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMP SATU ATAP. PendidikanIndonesiarepository.upi.

Muliyani, R. (2018). Signifikansi Discovery Learning Vs Guided Discovery Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(1).

Permendikbud. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016. 62(1), 27–40.

Pratiwi, L., & Handayani, L. (2012). Efektivitas model pembelajaran eksperimen inkuiri terbimbing berbantuan my own dictionary untuk meningkatkan penguasaan konsep dan unjuk kerja siswa SMP RSBI. Unnes Science Education Journal, 1(2).

Restami, P. M,. Suma, K. & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap ailmiah Ditinjau dari GAya Belajar Siswa. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1) :1-11

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 194–204.

SUCIPTA, A. A. G. N., Suastra, I. W., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292

Susana, E. S. H. & Sriyansyah. (2015). Analisis Didaktis Berdasarkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF). l(2), 39-44

The George Lucas Educational Foundation 2007. How Does Project Based Learning Work. http://www.edupotia.org/project-based-learning-guide-implementation. (diakses 3 juli 2020)

Uno, Hamzah B. (2019). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.